Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemko Pekanbaru Bantah Intervensi PNS Agar Pilih Paslon Tertentu

ILUSTRASI-Pilgubri-2018.jpg
(RIAUGREEN.COM)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru membantah adanya dugaan intervensi yang dilakukan pihaknya dalam surat edaran terkait kewajiban Aparatur Sipil Negara (ASN) mencoblos pada 27 Juni 2018.

Kabid Disiplin Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Fajri Adha mengatakan ada kesalahpahaman dalam memahami isi surat ini.

"Kita tidak ada niat mengintervensi pegawai kita agar memilih calon tertentu. Mungkin itu karena kesalahan penulisan, sehingga maknanya jadi seperti itu ketika dibaca masyarakat," ujar Fajri, Kamis, 21 Juni 2018.

Kesalahan penulisan ini, jelas Fajri, ada pada penulisan tanggal yang mana ASN dan THL wajib melapor pada 27 Juni 2018, yang seharusnya ditulis 29 Juni 2018.

Baca Juga Malam Ini, KPU Kembali Gelar Debat Publik Pilgubri

Lebih lanjut, Fajri mengungkapkan bahwa pihaknya hanya ingin meningkatkan partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen seperti yang diharapkan oleh KPU.

"Kita mau mendorong partisipasi masyarakat kita sesuai dengan instruksi KPU agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, yakni sebesar 77,5 persen di Pekanbaru," jelasnya.

Pihaknya, kata Fajri, tidak ingin ASN dan THL menghabiskan waktu libur pada 27 Juni tersebut dengan kegiatan yang bersifat rekreasi semata, seperti liburan dan bersantai.

"Kita sebagai pemerintah tentu memiliki tugas untuk mengarahkan pegawai kita agar menggunakan hak pilihnya dan mencoblos agar daerah semakin maju jangan malah liburan," katanya.

Klik Juga Jelang Pencoblosan, Ada 2000 Surat Suara Rusak

Kembali ia menegaskan, surat edaran pemerintah tersebut adalah meminta agar seluruh PNS melaporkan dimana dia mencoblos, bukan siapa yang dicoblosnya.

"Ini yang perlu ditegaskan lagi, Pemko meminta laporan kepada ASN untuk memastikan apakah dia sudah mencoblos dan dibuktikan dengan dimana dia mencoblos, bukan siapa yang di coblosnya," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id