Aktual, Independen dan Terpercaya


Arus Balik, 1.747 Penumpang Padati Penyeberangan Roro Bengkalis

Pelabuhan-Tanjung-Buton-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, BENGKALIS - Antrian panjang terjadi di Pelabuhan penyeberangan Roll on-Roll off (Ro-Ro) Air Putih, Pulau Bengkalis menuju pelabuhan Sungai Selari, Pakning, Selasa, 19 Juni 2018.


Kepala Polres Bengkalis, AKBP Yusuf Rahmanto di Bengkalis mengatakan terjadi lonjakan arus balik dari Pulau Terubuk Bengkalis menuju Pulau Sumatera, melalui pelabuhan Sungai Pakning.

"Pemudik dari mulai puasa akhir sampai dengan H+5 kembali pada domisilinya, sehingga terjadi lonjakan para pemudik," kata Yusuf.

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang dirangkum pada Selasa hingga pukul 17.00 WIB hari ini, tercatat lebih dari 1.747 penumpang telah menyeberang menggunakan fasilitas Ro-Ro tersebut.

Selain itu, juga terdata sekitar 568 unit kendaraan roda dua, 23 unit truk dan 138 unit kendaraan roda empat turut menyeberang dari Pulau Bengkalis menuju Pulau Sumatera menggunakan empat unit kapal.

"Total empat kapal yang beroperasi hari ini," tuturnya.

Yusuf menjelaskan bahwa kondisi lonjakan arus balik hanya terjadi di Pulau Bengkalis menuju Sungai Pakning. Sementara dari jalur sebaliknya, kondisinya normal dan sama sekali tidak terjadi lonjakan penumpang.

Berdasarkan pantauan tampak antrean kendaraan roda dua mengular hingga di luar areal pelabuhan pada Selasa siang. Puluhan personel gabungan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan setempat tampak sibuk mengatur antrean kendaraan guna menghindari kemacetan.

Sementara itu, terlihat ratusan mobil masih tertahan di areal parkir sebelum masuk ke dermaga. Kondisi serupa diprediksi bakal terus terjadi hingga H+6 besok.(**)