Longsor di Inhil, Dewan Desak Pembangunan Turap

abrasi-rumah.jpg
(istimewa)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi IV DPRD Riau membidangi infrastruktur dan perhubungan mendesak agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk segera menuntaskan permasalahan abrasi yang terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir beberapa waktu belakangan.

Anggota Komisi IV Abdul Wahid yang juga merupakan wakil rakyat asal Inhil memberikan solusi yang bisa dilakukan oleh dinas terkait guna menangani permasalahan ini.

"Harus dibangun Turap kalau misalnya jalan ini tidak mau dipindahkan," ungkap Ketua DPW PKB ini, Selasa, 19 Juni 2018.

Wahid melanjutkan, jika kondisi tersebut terus dibiarkan, akan mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya jalan lintas, yang menjadi akses satu-satunya penghubung Inhil dengan Pekanbaru.

"Memang setiap tahun sering longsor di sana, arus air mengeruk tanah sehingga tanah terkikis dan menyebabkan rumah ambruk, bukan tidak mungkin jalan juga akan ikut ambruk," jelasnya.

Selama ini, kata Wahid, tidak ada anggaran yang diperuntukkan khusus untuk menangani permasalahan abrasi yang kerap terjadi di beberapa daerah di Inhil.

Baca Juga Longsor, 2 Unit Rumah Tercebur ke Dalam Sungai

"Jalan itu kan tanggung jawab nasional, selama ini tidak ada anggaran perawatan," tambahnya.

Maka, lanjut Wahid, Dinas PU harus segera membangun Turap agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mengenai anggaran yang terbatas, Wahid meminta pembangunan Turap harus dijadikan prioritas.

"Habis lebaran ini akan kita panggil Dinas PU guna membahas ini, kalau masalah anggaran, kita prioritaskan ini dahulu, masyarakat juga sudah sering mengadukan hal ini ke saya," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, dua unit rumah di bantaran sungai di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau rusak berat akibat longsor, hingga menyebabkan sebagian besar bangunan hanyut ke dalam sungai.

Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Christian Rony di Pekanbaru, Senin, 18 Juni 2018, memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi di Jalan Gerilya Parit 6 Kelurahan Tembilahan Barat Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir tersebut.