Kick Off Piala Dunia, Eks Pelatih PSPS Riau Ini Jagokan Rusia

Philep-Hansen-Maramis.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mantan pelatih kepala yang telah menukangi PSPS Riau selama tiga tahun berturut-turut, Philep Hansen Maramis mengaku akan menjagokan tuan Rumah, Rusia dalam laga pembuka Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis malam nanti.

Pelatih kepala yang sempat membawa PSPS Riau dua kali menduduki peringkat delapan besar ISC B tahun 2016 itu mengatakan, alasannya lebih menjagokan Rusia karena di tahun ini negara yang pernah bernama Moskow itu kembali dijadikan sebagai tuan rumah yang sebelumnya pernah merasakan hal serupa di tahun 1970.

"Saya lebih menjagokan Rusia. Karena mereka di Piala Dunia ini merupakan tuan rumahnya. Faktor tuan rumah itu sangat-sangat menentukan," katanya melalui sambungan telepon, Kamis, 14 Juni 2018.

Tambah pelatih yang pernah membawa PSPS Riau menjuarai peringkat tiga Piala Pangdam 2017 itu kembali mengatakan bahwa pola permainan mereka yang baik ditambah dengan disiplin yang cukup tinggi membuat hatinya lebih menjagokan Rusia dari pada Saudi Arabia.

"Yang saya senangkan itu cara bermainnya. mereka sama seperti pemain yang ada di benua Eropa disiplin dan gigih. Kalau dibandingkan dengan Sumatera mereka itu seperti pemain-pemain dari Aceh," jelasnya.

Philep kembali menambahkan meskipun memiliki jejak rekor yang cukup buruk karena di laga uji coba Rusia tidak pernah menuai hasil yang baik karena hanya mampu menorehkan tiga kali imbang selebihnya menelan kekalahan dari tujuh laga uji cobanya tak membuat dirinya berbalik menjagokan Arab Saudi.

"Kalau saya pelatihnya, kekalahan di laga uji coba itu justru berdampak positif. Saya malah ingin kalah. Kenapa, Karena kalau menang rasanya sudah cukup puas. Berbeda jika kalah. Pasti banyak perubahan disana sini," tambahnya.

"Untuk Saudi Arabia, hati-hati dengan kecepatan anak-anak Rusia. Apa lagi dengan cara bermainnya. Pokoknya saya menjagokan Rusia," tutupnya.