Wow... Angka Pemudik Lewat Udara Meningkat Hingga Segini

Bandara-Sultan-Syarif-Kasim-II-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kesibukan angkutan trasportasi massal menjelang arus mudik lebaran setiap tahun tidak bisa dielakkan. Tak terkecuali di Bandara Internasional sekelas Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan pemudik di bandara yang kini dalam pengawasannya itu.

"Untuk tahun ini, telah terjadi peningkatan sebesar 12-14 persen jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu," katanya di kantor Gubernur Riau, Rabu, 6 Juni 2018.

Kondisi yang menimpa hampir di saat lebaran itu dibuktikan dengan ditambahnya rute penerbangan (extra flight) untuk domestik maupun internasional.

"Sehingga dengan peningkatan ini dilakukan extra flight sebesar 128 penerbangan dengan 12 penerbangan domestik dan 4 penerbangan internasional," tegasnya.

Selain itu setidaknya di arus mudik tahun ini juga terjadi 16 kelompok terbang (kloter) domestik dan 3 kloter internasional dengan rata-rata setiap harinya mencapai 92-96 kali penerbangan.

"Sehingga kapasitas yamg ada setiap harinya pada angkutan lebaran itu mencapai 14.855 penumpang dengan kapasitas yang tersedia mencapai 15 seat," jelasnya.

Peningkatan itu, menurutnya, terjadi dimulai dari H-6 menjelang lebaran sampai H+10 sesudah berakhirnya masa cuti dan libur lebaran mendatang.