Aktual, Independen dan Terpercaya


Terkait Embarkasi Haji, Dewan: Fasilitas Belum Memenuhi Standar

Proyek-pembangunan-asrama-haji-riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi V DPRD Riau membidangi haji menyebutkan masih ada beberapa persyaratan yang tidak kunjung dipenuhi daerah sehingga Embarkasi Haji Antara Riau terancam belum bisa difungsikan tahun ini.

"Memang ada persyaratan yang belum memenuhi standar. Makanya asrama haji antara ditangguhkan, tapi kita belum ada dapat laporan terbaru dari Pemprov seperti apa perkembangannya," ungkap Ketua Komisi V DPRD Riau, Aherson, Jumat, 1 Juni 2018.

Adapun contoh persyaratannya, dijelaskan Aherson seperti fasilitas yang masih kurang layak menurut Kementerian Agama (Kemenag) sehingga harus dirubah dahulu.

Baca Juga Embarkasi Haji Terancam Batal, Dewan: Karena Nggak Diurus

"Fasilitas untuk jemaah haji masih belum memenuhi kriteria, seperti mess jemaah, pemondokan, dan lainnya, Kemenag merasa itu belum memenuhi standar," jelasnya.

Untuk itu, Kementerian Agama RI berencana akan membangun bangunan yang baru yang masih dalam satu komplek, karena saat ini gedung ini tidak dalam satu komplek.

"Biar bisa satu komplek semuanya, sekarang ini kan masih ada terpisah gedungnya," tambah Aherson.

Klik Juga Izin Embarkasi Haji Tak Selesai, Ini Kata DPD Riau

Mengenai tudingan Kemenag Kanwil Riau yang tidak memfollow up surat dari Pemprov ke Kemenag Pusat, Aherson mengaku sangat menyayangkan hal tersebut.

"Saya baru tahu ini, kalau begini miris juga, Kemenag Riau itu kan masih bagian dari Riau, harusnya berkoordinasi dengan Pemprov," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id