E-Samsat Resmi Diluncurkan, Tidak Ada Alasan Tak Bayar Pajak Kendaraan di Riau

Peresmian-e-Samsat-Riau.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim bersama Kapolda Riau Irjen Pol Nandang dan Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari secara langsung me–launching penggunaan aplikasi e-Samsat Provinsi Riau serta meresmikan layanan samsat pada jaringan Kantor Bank Riau Kepri, Kamis, 31 Mei 2018, di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri Lantai 4 Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Bapenda Provinsi Riau, Jasa Raharja Perwakilan Riau dan Polda Riau bersama Bank Riau Kepri.

Pihak KPK yaitu Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Adlinsyah M. Nasution beserta Deputi Pencegahan KPK RI Junet Junaidi memberikan apresiasi dan memuji peluncuran e-Samsat di Riau ini melalui Bank Riau Kepri.

Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan KPK RI Adlinsyah M. Nasution yang akrab dipanggil Coki mengatakan bahwa di Riau untuk pembayaran pajak kendaraan tidak ada celah lagi untuk kebocoran, termasuk pungli tentunya dan ini akan menaikkan pertumbuhan PAD Riau secara signifikan.

Istimewanya program e-Samsat ini dapat diunduh langsung melalui playstore pada Android, hal ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan BPD se Indonesia. Selain itu program e-Samsat yang dimiliki oleh bank berlogo tiga layar terkembang ini terintegrasi secara online untuk seluruh wilayah Riau.

"Ini pun tidak berhenti sampai di sini saja, Insya Allah dalam 2 bulan kedepan, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Riau sudah bisa pula melalui mobile banking, dan ini pertama untuk kalangan BPD se Indonesia," tutur Dirut Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari.

Dengan resminya e-Samsat Riau ini, maka pajak kendaraan dapat dibayarkan melalui ATM Bank Riau Riau dan semua kantor jaringan Bank Riau Kepri, termasuk pada Sabtu dan Minggu bisa dilakukan pada Butik-butik Bank Riau Kepri yang tetap buka pelayanan di hari Sabtu dan Minggu.

"Tidak ada alasan lagi bagi pemilik kendaraan untuk menunda atau tidak bayar pajak kendaraan bermotor mereka. Pelayanan prima telah tersedia," tutur Kabapenda Riau Indra.

Launching e-Samsat ini ditandai dengan penandatangan MoU serta menekan tombol sirene secara bersama-sama oleh Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim bersama Kapolda Riau Irjen Pol Nandang dan Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau Herry Kesuma, serta Direktur Bank Riau Kepri Irvandi Gustari.

Dalam sambutannya Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyambut baik pemanfaatan aplikasi E-Samsat Provinsi Riau ini. Ia menjelaskan program ini dapat mengurangi rumitnya birokrasi, dalam hal pembayaran pajak. Dengan aplikasi ini pelayanan pembayaran pajak oleh masyarakat semakin, mudah, cepat dan praktis.

Dalam hal ini KPK RI turut serta mengawal langsung proses launching program e–Samsat Provinsi Riau ini. Program ini merupakan sebuah perangkat lunak yang dibangun dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui ATM Bank Riau Kepri.

Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan KPK Adlinsyah M. Nasution berharap aplikasi e samsat ini kedepannya juga dapat digunakan melalui m banking Bank Riau Kepri sehingga seluruh masyarakat Riau dapat membayar pajak kendaraannya dimana saja.

Masih pada acara yang sama Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, mengapresiasi program e–Samsat ini. Ia menjelaskan hal ini merupakan suatu langkah yang cerdas dan merupakan perwujudan dari nawacita Presiden RI Joko Widodo yang harus didukung bersama. Lebih lanjut Ia menyampaikan program ini sebagai terobosan yang sangat bagus dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Dirut BRK Irvandi Gustari menyambutkan baik kerjasama yang dilakukan oleh Pemprov Riau, Polda Riau dan Jasaraharja Cabang Riau serta Bank Riau Kepri sendiri. Secara sistem Bank Riau Kepri telah memiliki teknologi mumpuni, dari SDM, sistem jaringan, serta jaringan kantor telah disiapkan untuk program ini.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Kepala OJK Riau Yusri Beserta Kepala BI Perwakilan Riau Siti Astiyah, Kepala BPKP Riau Dikdik Sadikin, Kepala Bapenda Indra Putrayana, Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Rudy Syarifudin, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny M Akbar dan Komut HR. Mambang Mit beserta Komisaris Independen Taufiqurrahman.

Acara ini juga dihadiri Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Adlinsyah M. Nasution beserta Deputi Pencegahan KPK RI Junet Junaidi sebagai Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) yang meliputi e-Planning dan e-Budgeting, e-PTSP (Perizinan), Pengadaan Barang dan Jasa, Penguatan APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), e-Samsat, dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP).