Kini, Bayar Pajak Kendaraan Bisa di ATM Bank Riau Kepri

pajak-kendaraan.jpg
(LAzone.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah tertunda cukup lama, akhirnya masyarakat Riau kini sudah bisa merasakan mudahnya membayar pajak kendaraan bermotor hanya dengan melalui ATM Bank Riau Kepri.

Tak hanya itu, Bank Riau Kepri juga sudah membuat aplikasi e-Samsat yang diklaim pertama bagi BPD di Indonesia yang sudah dapat langsung dipasang di dalam gawai berbasis android melalui Playstore.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim mengatakan bahwa dengan hadirnya e-Samsat ini mimpi masyarakat Riau kini telah menjadi kenyataan.

"E-Samsat ini merupakan impian kita yang telah menjadi kenyataan bahwa ini menghindari diri dari segala lobang agar kita tidak suudzon kepada orang lain," katanya di menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Kamis, 31 Mei 2018.

"Dengan e-Samsat ini dimanapun orang sudah bisa membayar pajak kendaraannya. Kenapa orang membayar pajak kendaraan harus dipersulit. Saya sebagai Plt Gubernur mengucapkan terimakasih kepada Bank Riau Kepri," imbuhnya.

Sebelumnya, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau bersama Polda Riau serta Jasa Raharja dan Bank Riau Kepri melakukan pembahasan persiapan launching e–Samsat di ruang rapat Direksi Lantai 8 Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Rabu 25 April 2018.

Pertemuan ini juga dihadiri Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Adlinsyah M. Nasution beserta Deputi Pencegahan KPK RI Junet Junaidi sebagai Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) yang meliputi e-Planning dan e-Budgeting, e-PTSP (Perizinan), Pengadaan Barang dan Jasa, Penguatan APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), e-Samsat, dan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP).

Dalam hal ini, KPK RI turut serta mengawal langsung proses launching program e–Samsat Provinsi Riau ini. E-Samsat PT Bank Riau Kepri merupakan sebuah perangkat lunak yang dibangun dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui ATM Bank Riau Kepri.

Istimewanya aplikasi e-Samsat ini dapat diunduh langsung melalui playstore, hal ini merupakan yang pertama untuk seluruh BPD di Indonesia. Selain itu aplikasi e-Samsat pada Bank Riau Kepri terintegrasi secara online untuk seluruh wilayah Riau.