Aktual, Independen dan Terpercaya


Status Siaga Karhutla Riau Resmi Diperpanjang

Penetapan-perpanjangan-Status-Siaga-Karhutla.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perpanjangan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Riau untuk tahap kedua tahun ini resmi ditetapkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa perpanjangan status siaga ini dilakukan hingga memasuki akhir November 2018 mendatang.

"Perpanjangan status siaga darurat ini perlu dilakukan. Sejak tanggal 19 Februari 2018 status karhutla tahun 2018 silam ditetapkan. Selanjutnya, akan diperpanjang dari 1 Juni 2018 sampai 30 November 2018 mendatang," katanya di menara Lancang Kuning lantai 8, Senin, 28 Mei 2018.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan perpanjangan status ini dikarenakan sampai saat ini ratusan titik hotspot telah terjadi di sebagian wilayah yang ada di Riau.

Baca Juga Jelang Asian Games, Riau Akan Perpanjang Status Siaga Karhutla

"Sudah terdapat 283 hotspot sejak Januari seperti yang ada di Rohul, Dumai Bengkalis, Meranti dan lainnya. Ditambah dengan sudah terbakarnya 1870.96 hektare luasan lahan yang ada di Riau," jelasnya.

Meskipun telah banyak terjadi titik hotspot sampai luasan yang terbakar mencapai ribuan hektare, Edwar mengatakan sampai hari ini Riau masih beruntung karena belum berdampak bagi kesehatan masyarakat sampai menganggu kelancaran transportasi udara ataupun darat.

"Meskipun luasan lahan yang terbakar meningkat sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat yang terkena penyakit seperti ispa akibat gangguan karhutla sampai menganggu penerbangan dan transportasi yang ada," tegasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id