Aktual, Independen dan Terpercaya


Dosen IIUM Malaysia Gelar Kuliah Umum di Unilak

Malaysia-Unilak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dosen Internasional Islamic University Malaysia,Prof DATO Sri Ar Dr.Asiah Abdul Rahim memberikan kuliah umum kepada 200 mahasiswa prodi arsitektur fakultas Teknik Unilak di aula gedung Pustaka,Kamis 3 April 2018.

Tampak hadir dalam seminar yang mengusung tema Malaysia Architecture, yesterday, today and Tomorrow, Rektor Univeritas Lancang Kuning Dr.Hj Hasnati SH.MH , dari IIUM hadir Prof. Dato Sri Ar Dr.Asiah Abdul Rahim sekaligus pembicara, Dekan fakultas Teknik Dr. Hamzah ST.MT, ketua program studi, dan jajaran dosen teknik dan perwakilan ikatan arsitektur Indonesia.

Rektor Unilak Dr.Hj Hasnati dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kerja sama ini.

"Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun. Mudah-mudahan dengan seminar ini dapat berbagi ilmu pengetahuan terutama di bidang arsitektur melayu dan ini bermanfaat bagi mahasiswa arsitektur dan juga tenaga pengajar. Mudah-mudahan ke depan dapat saling bekerjasama di bidang lainnya," ungkap Hj. Hasnati.

Sementara pembicara kuliah umum,Prof Datok Asiah, dalam pemaparannya mengatakan kerajaan-kerajaan di Melaka dan Riau ini hebat, telah ada sejak tahun 1500.

Tentang kesultan Melaka dan bangunan Melayu ini banyak yang tersebar di Nusantara.

"Dan saya telah datang ke Rokan, Pelalawan, dan Indragiri, ada banyak kesamaan dengan arsitektur dan bangunan bangunan tua di Malaysia. Seperti di bangun di Indragiri ada ukiran tangga yang sama arsitekturnya dengan di Malaysia. Dan saya pikir itu bukan arsitektur China tapi arsitektur Melayu.dan Nusantara ini kaya akan arsitektur,dan saya kesini juga belajar," ungkap Prof. Asiah.

Seminar digelar selama satu jam lebih. Mahasiswa tampak bersemangat mengajukan pertanyaan.

Di sela sela acara, kedua pihak saling bertukar cendramata antara rektor Unilak Dr.Hj Hasnati dan Prof.Datuk Asiah dan berfoto bersama.(2)