Aktual, Independen dan Terpercaya


Banyak Anggaran Digelontorkan, Jalan Provinsi Masih Banyak Yang Rusak

Cagubri-Syamsuar-di-Rohul.jpg
(Effendi)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi IV DPRD Riau Abdul Wahid menyayangkan masih banyaknya jalan Provinsi yang masih kurang layak meski APBD yang sudah dianggarkan cukup banyak.

“Peningkatan status jalan tidak sesuai dengan anggaran yang dihabiskan. Harusnya dengan anggaran tersebut, peningkatan infrastruktur jalan jauh lebih baik,” ujar Abdul Wahid, Kamis, 26 April 2018.

Diakuinya, berdasarkan data yang diterimanya memang ada beberapa jalan yang mengalami peningkatan status kelayakan.

Namun dari kondisi jalan saat ini, banyak juga yang dirasakan dan dikeluhkan masyarakat, sebab dinilai masih kurang layak.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau (Bapeda) Provinsi Riau Rahmad Rahim menyampaikan dalam kurun waktu 2014 hingga 2017, setidaknya dana Rp4 Triliun lebih dihabiskan untuk meningkatkab jalan dan jembatan di 12 Kabupaten/Kota.

"Untuk pembangunan jalan sepanjang 665,73 kilometer senilai Rp 3,6 triliun dan 51 jembatan senilai Rp 577,9 miliar," jelasnya beberapa waktu lalu.

Dikatakan Rahmad, Infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan memang menjadi prioritas utama Pemprov Riau, maka hingga 2019 sektor ini masih akan menjadi perhatian serius pihaknya.(2)