Aktual, Independen dan Terpercaya


Debat Kandidat Cagub Riau Lagi, Ini Bedanya

Debat-kandidat-cagubri.jpg
(Istimewa)
ombudsman

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengaku sudah mempersiapkan sesuatu yang beda dalam Debat Kandidat Calon Gubernur Riau dari debat yang sebelumnya digelar KPU Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Riau Nurhamin. Dijelaskannya, pada debat nanti masing-masing kandidat akan diberi kesempatan untuk bertanya kepada kandikat lain.

"Tapi pertanyaannya bukan pertanyaan spontan, melainkan pertanyaan yang sudah dipersiapkan oleh tim panitia," ungkap Nurhamin, Rabu, 25 April 2018.

Pertanyaan tersebut, lanjut Nurhamin, disusun oleh tim yang terdiri dari 12 orang perumus yang merupakan pakar dari setiap bidang masing-masing.

Perbedaan ini, kata Nurhamin, menyesuaikan dengan misi KPU yang mengkampanyekan politik anti-hoax dan anti-SARA.

"Dengan demikian, masing-masing kandidat bisa saling menyerang, khususnya yang berbau SARA," katanya.

Selain itu, menurut Nurhamin, hal ini juga akan membuat suasana lebih kondusif, pun suasana debat yang saling menjatuhkan juga tidak berpengaruh terhadap partisipasi pemilih.

Untuk tema debat, KPU akan memakai tema Makmur di Negeri Melayu. Tema ini sesuai dengan tema yang disepakati pusat yakni tentang kesejahtraan yang meliputi infrastruktur, kesehatan, keuangan, dan lainnya.

Dalam debat kandidat itu, KPU juga turut mengundang tim masing-masing paslon sebanyak 100 orang dari tiap Paslon, dan undangan lainnya. Jadi total kuota mencapai 600 kursi.

Bagi masyarakat Riau juga bisa mengikuti jalannya debat yang di gelar di Labersa Hotel & Convention Center ini, karena akan disiarkan secara live di TVOne pada 27 April 2018, pukul 19.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id