Aktual, Independen dan Terpercaya


Kinerja Pemprov Tahun 2017 Buruk, Sugianto : Ganti Kadisnya !

Ilustrasi-LKPJ.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - DPRD Riau memberi catatan terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang diserahkan Pemerintah Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

Beberapa catatan tersebut, DPRD Riau paling menyoroti kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak mampu menyerap APBD secara maksimal, apalagi Dinas Peternakan yang hanya mampu menyerap kurang dari 20 persen penyerapan APBD.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota DPRD Riau dari Fraksi PKB, Sugianto, karena saking kecewanya, Politisi asal Siak ini meminta Pemprov untuk merolling seluruh kepala OPD yang ada saat ini.

"Kalau OPD tidak bisa bekerja dengan maksimal, ganti saja Kepala Dinas (Kadis) nya, dalam rekomendasi juga jelas ada minta penyegaran," ujarnya usai menghadiri rapat Paripurna, Senin 23 April 2018.

Sugianto mengaku heran dengan kinerja Pemprov tahun 2017 lalu. Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kinerja OPD pada tahun 2017 ini buruk.

"Pertama pimpinan Pemprov tidak bisa menekan bawahan. Kedua OPD yang memiliki nilai buruk dalam serapan anggaran, tidak dipimpin oleh SDM yang mumpuni, itu menurut saya," tambah Sugianto.

Sebagai bentuk kekecewaannya, Sugianto bahkan melakukan live streaming di akun facebook nya agar masyarakat tahu kalau kinerja Pemprov kurang maksimal, dan DPRD Riau betul-betul menyoroti hal tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, berjanji akan segera menindak lanjuti rekomendasi DPRD yang sudah dibacakan oleh Pansus LKPJ tadi, termasuk mengenai penyegaran kepala OPD.

"Seluruh rekomendasi yang diberikan tadi akan saya sampaikan kepada pimpinan, Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, semua akan kami diskusikan," katanya.

"Nanti kami sampaikan ke pimpinan seluruh rekomendasi dewan. Termasuk juga dengan rekomendasi penyegaran tadi. Semua akan kami coba diskusikan dengan pimpinan," ucap Sekda.(2)