Aktual, Independen dan Terpercaya


Terkait Pengesahan RTRW Riau, Dedet: Sebentar Lagi, Tenang Aja

Wakil-Ketua-DPRD-Riau1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Hasbullah Tanjung)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman menyatakan bahwa Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau, yang selama ini belum ada kejelasan pengesahannya, akan segera menemui titik terang.

"Sebentar lagi kita punya RTRW, tenang aja," tegas pria yang kerap disapa Dedet ini, Senin, 16 April 2018.

Dikatakan Dedet, selama ini upaya Pemprov dan Dewan untuk jemput bola ke pusat sudah maksimal, dan terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sendiri sudah divalidasi dan sudah berada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pun begitu, Dedet belum bisa memastikan kapan proses lanjutannya dari kementerian terkait, tapi pihaknya akan terus mendorong agar RTRW ini bisa disahkan segera.

Baca Juga RTRW Riau Tak Kunjung Tuntas, Pemprov Riau Sebut Dua Menteri Ini Akan Membantu

"Saya tidak memastikan kapannya, kan tidak mungkin saya mematok kerja menteri, tapi yang pasti kita akan push terus," terangnya.

Untuk perbaikan KLHS, diprediksi Dedet mungkin hanya di bagian redaksional saja, dan kemudian dikoordinasikan dengan pihak lainnya. Namun yang jelas berdasarkan informasi sementara KLHS sudah aman.

"Masalah holding zone juga tidak ada masalah, termasuk juga masalah pencemaran, antisipasi kebakaran hutan dan lainnya," tutupnya.

Sementara itu, mantan Ketua Pansus RTRW, Asri Auzar, mengaku sangat berharap agar Perda RTRW ini bisa sesegera mungkin untuk disahkan karena nantinya akan membantu perekonomian masyarakat Riau.

"Janganlah Riau ini dizalimi, kami juga ingin membangun Riau ini, kita ingin ekonomi tumbuh, kita ingin investor masuk dan lapangan pekerjaan bertambah, sehingga banyak tenaga kerja yang diserap. Contohnya di Dumai ada investasi 70 triliun, sampai hari ini belum bisa karena terkendala izin RTRW ini," keluhnya.

Klik Juga RTRW Belum Diterapkan, Investasi untuk Riau Mangkrak

Lebih lanjut, Asri Auzar menjamin tidak ada pemutihan hutan yang dilakukan pihaknya saat menjalankan tugas Pansus dulunya ketika ia masih menjabat sebagai Ketua Pansus.

"Kalau masalah pemutihan hutan, kita nggak akan berani, siapa yang berani memutihkan hutan tanpa izin?" tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id