Aktual, Independen dan Terpercaya


Trend Hijrah, Andi Rachman Rencanakan Bank Desa Syariah

Andi-Rachman-kampanye-di-Mempura-siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, SIAK - Melihat trend hijrah belakangan ini, menggugah hati Cagub Nomor Urut Empat Arsyadjuliandi Rachman untuk membangun Bank Desa Syariah.

Trend hijrah ini, kata Andi, bisa di lihat dengan perkembangan Islam dalam sektor pendidikan, yakni hadirnya lebih dari 200 pondok pesantren di Riau, dengan jumlah santri sekitar 45 ribu. Tiap tahunnya diperkirakan ada sekitar 3.000-an lulusan Aliyah di Riau.

"Lulusan tersebut menyebar di Riau. Ada yang lanjut kuliah. Ada pula yang jadi guru ngaji, guru MDA, gharim mesjid. Mengajarkan Islam yang Rahmatan Lil Aalamin kepada anak anak kita. Saya senang dengan kondisi ini," ujarnya saat kampanye dialogis dengan masyarakat Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Siak, Kamis, 12 April 2018.

Untuk itu, menurut Andi Rachman, sudah saatnya dibangun Bank Desa Syariah guna mengimbangi trend hijrah yang sangat bagus ini, mengingat Riau adalah Bumi Melayu sangat identik dengan Islam.

"Pengamatan saya selama 10 tahun berkeliling Riau, banyak desa-desa yang ekonominya tumbuh baik. Koperasi dan BUMDes berkembang positif. Unit simpan pinjamnya bisa beroleh laba yang menjanjikan. Dua kondisi ini harus bisa berjalan serasi. Hijrah dan Bank Desa Syariah harus tumbuh dari desa," ujarnya.

Ia mengatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah pengurus BUMdes yang berhasil dengan laba ratusan hingga miliaran di Riau. Mereka sudah menyatakan siap dan komit menjadikan unit simpan pinjamnya menjadi Bank Desa Syariah.

Hal ini pun sejalan dengan kebijakan dari otoritas Jasa Keuangan yang menginginkan di desa-desa tumbuh lembaga keuangan mikro.

"Saya pingin lembaga keuangan mikronya dalam bentuk Bank Desa Syariah. Karena sesuai dengan nafas dunia melayu dunia Islam," tukasnya.

Soal skema, ia menyatakan bisa melibatkan Bank Riau Syariah sebagai avalis atau penjamin dari Bank Desa Syariah. Saat ini, Bank Riau Kepri sedang berupaya mewujudkan spin off atau pemisahan antara yang konvensional dengan Bank Riau Kepri Syariah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id