Aktual, Independen dan Terpercaya


Usai Dibantai, Daging Beruang Dimasak Rendang dan Gulai

Beruang-madu-dikuliti-warga-Inhil.jpg
(DETIK.COM/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Empat tersangka ditangkap oleh tim gabungan Balai Penegakan Hukum Wilayah II Sumatera dan Kepolisian Indragiri Hilir karena membantai empat ekor beruang madu (Helarctos malayanus).

Para tersangka mengaku mengaku mengkonsumsi daging satwa dilindungi tersebut, salah satunya dengan diolah menjadi rendang.

"Dagingnya kami makan, kalau saya dimasak rendang," kata salah seorang tersangka berinisial ZDS di Pekanbaru, Selasa, 3 April 2018.

Selain direndang, daging satwa dilindungi itu juga diolah menjadi masakan lain, seperti sop dan gulai. ZDS juga mengambil empedu satwa berbulu hitam dan bercakar tajam tersebut. Dia mengaku empedu beruang madu dipercaya sebagai obat sesak nafas.

Dalam pengakuannya, ZDS dan tiga tersangka lainnya masing-masing JS, GS dan E mengaku sama sekali tidak berniat untuk menjerat beruang madu yang juga jadi satwa dilindungi dunia internasional tersebut.

"Kami awalnya hanya berniat menjerat babi. Tapi yang dapat beruang dan kami olah sama-sama. Dagingnya dibagi-bagi," ujarnya.

Keempatnya juga mengaku tidak mengetahui bahwa beruang merupakan salah satu jenis satwa dilindungi.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan, sejauh ini, para tersangka mengaku tidak memiliki motivasi ekonomi dibalik insiden pembantaian beruang tersebut.

Baca juga:

Astaga, Beruang Madu Dibantai, Dikuliti dan Disantap 4 Pelaku

Begini Kronologi Empat Beruang Madu Di Inhil Dibantai Hingga Disantap

"Mereka mengaku hanya untuk konsumsi, meski sejatinya niat mereka menjerat babi. Tapi ini masih terus kami selidiki," kata mantan Kepala BBKSDA Bali tersebut.

Seluruh tersangka saat ini harus mendekam dibalik jeruji atas perbuatannya. Mereka diancaman hukuman lima tahun penjara karena melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya. (**/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id