Aktual, Independen dan Terpercaya


UNBK Terkendala Jaringan, Dewan: Cabut MoU dengan Provider

ILUSTRASI-UNBK2.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua Komisi V DPRD Muhammad Adil membidangi pendidikan mengaku kecewa dengan permasalahan jaringan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

"Kecewa, harusnya Disdik sudah dari kemarin-kemarin menyelesaikan itu," ujar Adil, Senin, 2 April 2018.

Ketika komputer sudah diletakkan di depan peserta, lanjut Adil, berarti hari itu sudah bisa digunakan dan tidak ada masalah lagi.

"Kalau sudah ada kerjasama dengan provider, harusnya menguntungkan kita dan tidak ada masalah lagi, kalau seperti ini cabut sajalah MoU dengan provider itu," tambah Politisi Hanura ini.

Menurut Adil, permasalahan pendidikan harus dihadapi serius, jadi Dinas Pendidikan seharusnya betul-betul serius dalam mengurusnya.

Sebelumnya, Plh Kepala Dinas Pendidikan Riau, Indra Agus Lukman mengakui bahwa sampai saat ini ribuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tengah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masih harap-harap cemas dan terus dihantui oleh buruknya jaringan yang tersedia.

Baca Juga Kendala Ini Masih Hantui Pelaksanaan UNBK di Riau

Pasalnya, buruknya jaringan sangat mempengaruhi dan menjadi kendala bagi siswa dalam mengerjakan UNBK.

Gangguan itu, menurutnya, disebabkan karena provider tidak memberikan jaringan khusus untuk pelaksaan UNBK. Sehingga para siswa dalam mengerjakan soal harus berbagi jaringan dengan masyarakat lainnya, dimana dalam pelaksanaan untuk siswa SMK jadwalnya sudah dimulai hari ini, Senin, 2 April 2018 hingga tanggal 5 April 2018 mendatang.

"Kendalanya itu apalagi di saat-saat masuk jam kerja atau aktivitas orang tengah sibuk-sibuknya," imbuhnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id