Sidak di Riau, Mendikbud: Angka Petumbuhan Sekolah Berkembang Pesat

Menteri-Pendidikan-dan-Kebudayaan-RI.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menyebutkan bahwa angka pertumbuhan sekolah-sekolah yang ada di Riau berkembang dengan cukup pesat.

Hal itu diungkapkannya setelah dirinya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa sekolah yang ada di salah satu wilayah di Riau, yaitu Kabupaten Pelalawan.

"Saya ini kan sudah empat kali ke Riau. Bukan baru. Terutama daerah yang tadi saya kunjungi, Pelalawan yang kondisinya lebih baik dari tahun ke tahun," katanya di ruang VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II, Rabu, 14 Maret 2018.

Menurutnya, sebagai kabupaten pemimpin daerahnya sudah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap mutu pendidikan bagi masyarakatnya. Ini dibuktikannya dengan tidak melihat langsung adanya sekolah yang dalam kondisi memprihatinkan.

"Berdasarkan kunjungan terakhir saya itu kondisinya sangat bagus. Kesadaran aparaturnya sangat tinggi mengenai pentingnya pendidikan," jelasnya.

Tambahnya pertumbuhan yang terjadi dengan sekolah yang ada di Pelalawan itu karena diiringi dengan cukup besarnya bantuan dari Kementerian Pendidikan yang disalurkan. Salah satunya ialah penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebesar Rp 700 ribu kepada setiap siswa.

"Padahal penduduknya kan tidak seberapa. Tapi kita memberikan bantuan yang cukup banyak. Di sana saya lihat sekolah baru terus bertambah termasuk peralatan," jelasnya.

Selain Pelalawan, Muhadjir Effendy akan melanjutkan sidak ke wilayah lainnya yang ada di Riau tanpa memandang status sekolah yang telah mereka raih.

"Kalau rencana kunjungan itu kan feeling saja. Sekolah di sini kan banyak. Kalau diberitahu kan tidak original lagi. Sudah ditata. Saya ingin melihat apa adanya. Dari sana bisa menjadikan pembenahan bagi saya untuk sekolah yang ada di Riau," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id