Atasi Konflik Agraria, Mahasiswa Tuntut Pemerintah Bela Masyarakat, Bukan Korporasi

demo-mahasiswa-UIN-Suska.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan mahasiswa UIN Suska menggelar aksi di depan gerbang UIN Suska, Jumat 9 Maret 2018. Dalam aksinya, mereka menuntut diselesaikannya konflik-konflik yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Riau, salah satunya Kabupaten Siak

Koordinato Aksi, Risky Ananda dalam orasinya mengatakan, selama ini banyak terjadi konflik di sejumlah perkebunan yang ada di Riau. Dan mirisnya, beberapa konflik selalu dimenangkan oleh Korporasi.

"Konflik masyarakat Pusako dengan PT Arara Abadai di Kabupaten Siak belum selesai sampai hari ini. Padahal hal tersebut sudah di adukan kepada pihak terkait, namun belum juga selesai," paparnya.

Untuk itu, Risky berharap agar aksi ini bisa didengar oleh Presiden Jokowi yang dahulu pernah berjanji untuk memenuhi hak-hak masyarakat kecil.

"Kita ingin Pak Jokowi untuk melaksanakan Reform Agraria dan tidak memihak kepada perusahaan yang menindas masyarakat atas nama investasi," tuturnya.

Aksi ini sendiri diisi dengan orasi-orasi dari masing-masing orator, pembacaan puisi, hingga pembakaran ban. Aksi berlangsung damai karena jumlah aparat kepolisian yang bersiaga cukup banyak. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id