Aktual, Independen dan Terpercaya


Flyover SKA Dibangun, Tugu Selamat Datang dan JPO Harus Pindah

Simpang-SKA.jpg

Laporan: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rencana pembangunan jembatan layang (flyover) di simpang Mall SKA dan simpang Pasar Pagi Arengka, Jalan Soekarno-Hatta Panam masih dalam proses kajian oleh pemerintah KotaPekanbaru. Termasuk melakukan pemetaan terhadap dampak pembangunan tersebut, khususnya kepada pedagang sekitar.

"Saat ini kita sedang melakukan pemetaan tentang sejauh mana dampak pembangunan fly over itu terhadap pasar yang ada di sekitarnya. Kita ingin pastikan dulu itu sehingga kita nanti bisa melakukan inventarisasi pedagang-pedagang yang perlu kita relokasi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu 28 Februari 2018.

Kepala Bagian Infrastruktur Setdako Pekanbaru, Azhar menambahkan, apabila rencana pembangunan fly over tersebut dilaksanakan, maka akan ada beberapa pekerjaan lain. Diantaranya memindahkan Tugu Selamat Datang dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di depan Mall SKA Pekanbaru. Kedua bangunan ini akan dipindahkan ke Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai.

"Berdasarkan rapat yang telah kita lakukan bersama tim, beberapa fasilitas umum dan monumen yang akan kita pindahkan. Seperti JPO kita pindahkan ke Rumbai tepatnya di Jalan Yos Sudarso, monumen patung selamat datang kita pindahkan ke Terminal AKAP," sebutnya.

Kemudian, Azhar menyampaikan, sebelum tanggal 5 Maret, fasilitas lainnya seperti Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), traffic lihgth, pasar, pohon lindung, dan pagar juga akan dibongkar untuk dipindahkan ke tempat lain. Pemindahan ini nantinya akan dilakukan oleh Dinas PUPR Provinsi Riau.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto mengatakan, PT Sumbersari Ciptamarga keluar sebagai pemenang proyek pembangunan fly over di simpang empat SKA.

Perusahaan tersebut keluar sebagai pemenang tender dari ratusan perusahaan yang ikut pada pelelangan pembangunan fly over itu.

"Karena sudah ada pemenangnya, pengerjaan fly over itu akan dimulai pada awal Maret ini," kata Dadang, Selasa 27 Februari 2018. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id