Aktual, Independen dan Terpercaya


Kondisi Sepasang Beruang Madu Sangat Memprihatinkan, BKSDA Lakukan Observasi

beruang.jpg
(net)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau segera melakukan observasi dan pemeriksaan kesehatan sepasang Beruang Madu (Helarctos malayanus) yang direlokasi dari pemukiman di Kabupaten Pelalawan. 

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo mengatakan, secara umum satwa tersebut dalam kondisi yang kurang baik.

"Kita bisa lihat satwa itu tidak diurus dengan baik, terutama yang jantan," katanya, Selasa 27 Februari 2018.

Baca juga:

BBKSDA Riau Relokasi Sepasang Beruang Yang Tiga Tahun Dipelihara Warga

Dari pantauan, satwa berkuku tajam itu memang terlihat dalam kondisi memprihatinkan. Tubuhnya terlihat kurus, dengan beberapa bekas luka pada tubuhnya, terutama bagian kepala.

Satwa itu terlihat sangat takut ketika didekati manusia. Bahkan, petugas BBKSDA Riau tampak kesulitan untuk memindahkan kedua ekor satwa tersebut dari kerangkeng menuju kandang sementara di kantor BBKSDA Riau.

Mulyo menjelaskan, tim dokter akan segera memeriksa kesehatan satwa tersebut, termasuk diantaranya mengambil sampel darah, kotoran hingga kesehatan kulit.

"Kemudian dokter juga akan melakukan observasi tingkah laku beruang itu. Dibutuhkan sekitar satu hingga dua bulan untuk observasi dan pulih kembali," ujarnya.

Setelah seluruhnya selesai dilakukan, ia menuturkan pihaknya akan segera melepasliarkan satwa tersebut ke salah satu hutan konservasi di Riau.

BBKSDA Riau sebelumnya merelokasi sepasang Beruang Madu dari tangan seorang warga bernama Adi di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan. Pria berusia 28 tahun tersebut langsung menghubungi BBKSDA Riau seketika mengetahui satwa yang ia pelihara selama tiga tahun tersebut dilindungi undang-undang.

Kedua ekor satwa berbulu hitam itu tiba di kantor BBKSDA Pekanbaru pada Selasa 27 Februari 2018 dinihari tadi, setelah menempuh perjalanan darat sekira empat jam lamanya. (**/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id