Aktual, Independen dan Terpercaya


Wah, Hasil Media Survei Ini Sebut UAS dan Habib Rizieq Cocok Jadi Presiden

Ustad-Abdul-Somad-Habib-Rizieq-Shihab.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Berdasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), Ustad Abdul Somad (UAS) dan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dinilai cocok menjadi calon Presiden.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan elektabilitas pengkhotbah asal Riau itu sebesar 0,3 persen begitu pula dengan elektabilitas Habib Rizieq sebesar 0,3 persen.

"Elektabilitas Habib Rizieq yakni 0,3 persen, kemudian juga ada nama Ustaz Somad yakni elektabilitasnya sebesar 0,3 persen," ujar Rico dalam konferensi pers publikasi hasil survei bertajuk "Lampu Kuning Untuk Jokowi dan Pergerakan Suara Para Penantang" seperti dilansir dari Suara.com, Jumat, 23 Februari 2018.

Sebenarnya, tutur Rico, nama Somad dan Rizieq tak tercantum dalam 33 nama yang diajukan kepada responden.

33 nama yang diajukan kepada responden melainkan Agus Harimurti Yudhoyono; Ahmad Heryawan; Airlangga Hartarto; Al Muzzamil Yusuf; Anies Baswedan; Anis Matta; Budi Gunawan; Chairul Tanjung; Fahri Hamzah; dan, Gatot Nurmantyo.

Selanjutnya, Hary Tanoesoedibjo; Aburizal Bakrie; Hidayat Nur Wahid; Irwan Prayitno; Presiden Joko Widodo; M Shohibul Iman.

Ada juga nama Mahfud MD; Mardani Ali Sera; Moeldoko; Muhaimin Iskandar; Prabowo Subianto; Puan Maharani; Salim Segaf Al Jufri; dan, Surya Paloh.

Terdapat pula nama Susi Pudjiastuti; Tuan Guru Bajang M Zainul Majdi; Tifatul Sembiring; Tito Karnavian; Tri Rismaharani; Wiranto; dan, Zulkifli Hasan.

Rico menjelaskan, dari 33 nama yang disodorkan, pihaknya memberi kesempatan responden menyertakan calon presiden pilihannya. Cara tersebut, menurutnya, lebih adil dibandingkan hanya menyodorkan beberapa nama.

Adapun pertanyaan yang diajukan kepada responden kata Rico, yaitu "jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, dari daftar nama di bawah ini siapakah yang Anda pilih menjadi Presiden RI, dan jika pilihan Anda tidak ada dalam daftar, harap Anda sebutkan?"

"Jadi kami kasih daftar nama ini ada 33 nama, silakan pilih. Kalau dari 33 nama tak ada, silahkan tulis nama lain. Itu menurut saya lebih adil, makanya muncul nama-nama tadi seperti Habib Rizieq dan Ustaz Somad. Saya kira dengan model seperti ini jauh lebih adil, karena lebih terbuka," tandasnya.

Untuk diketahui, survei digelar pada tanggal 1 sampai 9 Februari 2018 dengan mengambil 1.000 responden dengan tingkat batas kesalahan sebesar kurang lebih 3,1 persen.

Survei itu diklaim mencapai tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun sampel dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id