Lagi, Riau Raih Penghargaan Predikat Bebas Karhutla

Edwar-Sanger-Terima-penghargaan.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo berterimakasih atas langkah yang diambil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman beserta Satgas yang sukses mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta melakukan pencegahannya dengan memberikan penghargaan predikat bebas Karhutla.

Presiden juga menginstruksikan agar Pemprov Riau dapat mempertahankan prestasinya yang didapat dalam dua tahun terakhir. Hal itu dikatakan Gubernur Riau beserta satgas karhutla saat menghadiri rapat koordinasi dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 6 Februari 2018 silam.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan bahwa tahun 2018 pihaknya tetap berkomitmen untuk mengatasi karhutla di seluruh wilayah Riau dan mencegah terjadi bencana kabut asap yang mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat.

"Untuk tahun 2018 ini jangan sampai ada lagi kebakatan hutan dan lahan apalagi Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Riau selama dua tahun ini sudah sukses mengatasi karhutla, tentu akan kita pertahankan," katanya.

Dikatakan Gubernur Riau, dalam berbagai kesempatan dengan masyarakat ia selalu mengingatkan agar tidak membakar ketika membuka lahan pertanian dan perkebunan baru.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diraih oleh Riau setelah menerima prestasi serupa di tahun sebelumnya.Kepala BPBD Riau Edwar Sanger menuturkan bahwa hasil yang diraih itu merupakan buah kerja keras semua komponen di Riau dalam mengatasi Karhutla yang ada di tahun 2017.

"Kita mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu menangani karhutla ini. Pihak itu seperti TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD kabupaten dan kota di Riau, masyarakat bebas api, dan unsur lainnya. Tanpa peran serta mereka, dipastikan kita tak bisa berbuat seperti ini,"imbuhnya.

Tambahnya, keberhasilan Riau menangani karhutla didasarkan pada niat yang tulus dan kemauan yang kuat dari semua komponen untuk membebaskan Riau dari bencana yang selama belasan tahun mendera daerah dan masyarakat.

Menurutnya, penghargaan yang diraih itu jauh lebih berat dalam hal mempertahankan daripada harus mengulang merebutnya. Itu karena semua daya dan upaya dikerahkan untuk menangani kasus karhutla agar masyarakat Riau menikmati udara bebas dari kabut asap yang sangat merugikan masyarakat dan pemerintah daerah.

"Asal semua komponen di daerah ini masih memelihara niat baik dan kemauan yang kuat untuk itu, Insya Allah status Riau bebas asap akan mampu tetap kita pertahankan," tegasnya.

Keberhasilan Provinsi Riau dalam menanggulangi karhutla pada 2017 berbuah penghargaan yang diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) dimana Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BNPB, William Rampingilei kepada Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger, dalam sebuah acara di Kantor BNPB di Jakarta, Selasa,6 Februari 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id