Aktual, Independen dan Terpercaya


Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla Hingga Mei Mendatang

Rapat-Penetapan-Siaga-Karhutla.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Secara resmi, Pemerintah Provinsi Riau baru saja menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk tahun 2018.

Status siaga ini dikatakan oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim telah sesuai dengan Peraturan Gubernur Riau nomor 27 tahun 2014 tentang penetapan status darurat Karhutla.

"Telah terpenuhinya syarat untuk menetapkan status siaga darurat yang merujuk pada peraturan tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Dengan mengucapkan Bismilahhirohmanirohim status siaga darurat saya tetapkan tertanda pada hari ini sampai nanti, 31 Mei 2018," katanya di ruang audiotprium lantai 8 Menara Lancang Kuning, Senin, 19 Februari 2018.

Baca Juga Lagi, Tiga Titik Api Terdeteksi Di Siak Dan Rohil Pagi Ini

Menurutnya, bencana karhutla ini penting karena dapat menghabisman anggaran yang cukup besar. Selain itu, karhutla juga berdampak pada kesehatan, diliburkannya proses belajar mengajar, lumpuhnya kegiatan ekonomi, penututupan bandara dan kegiatan sosial lainnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger menuturkan bahwa salah satu indikator atas penetapan ini berdasarkan adanya laporan dari dua daerah di Riau yang terlebih dahulu menetapkan siaga karhutla.

"Kemarin kita sudah koordinasi untuk segera menetapkan siaga. Saat ini sudah 3 wilayah di Riau yang sudah menetapkan statusnya. Pertama Inhil, Bengkalis dan Pelelawan. Meranti dan lainnya akan segera menetapkan," imbuhnya.

Klik Juga Jadi Incident Commander, Plt Danrem: Tinjau Kembali Embung Dan Sekat Kanal

Usai penetapan siaga karhutla, dirinya akan segera menetapkan posko, melaksanakan apel siaga bahkan akan mendatangkan bantuan helikopter.

"Setelah ini kita akan mengaktifkan posko di Lanud, melakukan apel siaga, melakukan kordinasi hingga meminta bantuan heli patroli dan water bombing," tandasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id