Aktual, Independen dan Terpercaya


Malam Cap Go Meh di Siak Batal, Warga Kesal Damkar Datang Terlambat

Kebakaran-Kota-Bersejarah-SIAK.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/EFFENDI)

RIAU ONLINE, SIAK - Malam penutupan tahun baru Imlek 2669 atau malam Cap Go Meh dipastikan batal digelar karena ada musibah kebakaran yang melanda pertokoan Chinatown, Siak.

Rencanaya, acara tersebut akan dipusatkan di Kelenteng tertua di Kabupaten Siak yang sudah berumur 200 tahun. Acara ini bukan hanya merupakan festival budaya tahunan bagi etnis Tionghoa namun ribuan masyarakat setempat dari suku lainnya juga turut menyaksikan kemeriahan malam Cap Go Meh.

Namun, musibah kebakaran kemungkinan malam Cap Go Me ditiadakan tahun ini.

 

Biasanya selain itu, di Kelenteng Hock Siu Kiong yang terletak di kawasan pecinan ini juga menggelar kegiatan. Salah seorang tokoh warga Tionghoa, Aan Putih mengatakan, bahwa acara Cap go me tidak jadi di gelar.

Baca Juga Inilah Ruko-Ruko Yang Hangus Dimakan Api

"Warga kami sedang berduka, tak mungkin acara malam Cap Go Meh di lakukan juga. Kalau tidak ada musibah ini .malam cap go me tetap digelar sebagaimana setiap tahunnya" sesalnya.

Sementara, konsep yang diusung dalam perayaan Festival Cap Go Meh tersebut akan menampilkan Parade Barongsai dan budaya lainnya.

Kekecewaan juga turut dirasakan warga Tionghoa lainnya, Asep yang juga menjadi korban kebakaran tersebut. Pasalnya, rumah toko (Ruko) milik keluarganya berjumlah tiga pintu rata dengan tanah.

Asep mengaku sangat kecewa melihat kinerja petugas dan mobil Pemadam Kebakaran Pemkab Siak yang datang dalam waktu yang lama.

"Sampai jam 4 petugas belum datang. Kalau jam 4 dia samprot mungkin apinya nggak lewat," kata Asep

Klik Juga Di Tengah Imlek, Warga Tionghoa Siak Berduka Di Pengungsian

Tak hanya itu, kata Asep, mobil damkar yang datang justru malah rusak dan tidak ada bensin.

Belum cukup hanya itu, orangtua Asep bernama Acan, terpaksa harus dilarikan ke RSUD Siak usai mengalami stress melihat tiga petak rukonya rata dengan tanah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id