Aktual, Independen dan Terpercaya


Gelar Dialog Interaktif Tong Sampah Lestarikan Negeri. GenBi Riau Gelorakan Hidup Bersih

Genbi-Riau.jpg
(Fatma Kumala)

LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Riau menggelar dialog inspiratif Bersih Lingkungan di ground floor Transmart, Kota Pekanbaru, Minggu 24 Desember 2017.

Mengusung tema Tong Sampah Lestarikan Negeri, Genbi Riau menghadirkan Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Riau dan Bank Sampah Riau sebagai pembicara.

Ketua pelaksana GenBI Masco Afrianto Lumban Tobing mengatakan, dalam kegiatan ini GenBI Riau menyerahkan 17 tong sampah kepada beberapa pihak, di antaranya RTH, sekolah-sekolah, pusat perbelanjaan dan juga halte.

"Kita terus mengajak generasi muda Indonesia khususnya pemuda Riau untuk menggelorakan Bersih Indonesia. Misalnya dengan Mengoptimalkan sampah menjadi barang bernilai ekonomis," katanya di sela-sela dialog, Minggu 24 Desember 2017.

Seperti diketahui, sampah memang menjadi permasalahan Kota Pekanbaru. Predikat sebagai kota adiwiyata pun sudah hilang. Memang diakui Wakil Walikota Ayat Cahyadi, ketentuan-ketentuan menjadi kota adiwiyata semakin ketat, tapi tidak menutup kemungkinan untuk Pekanbaru meraih predikat tersebut.

Kemudian, dalam kesempatan itu, Ayat juga menyampaikan bahwa penyumbang sampah terbesar saat ini adalah sampah rumah tangga. "Bisa mencapai 300 ton per hari sampah di Kota Pekanbaru ini," tukasnya.

Untuk itu, ia mendukung kegiatan-kegiatan positif anak muda yang tergabung dalam GenBI. Di mana, menurutnya sebagai anak muda Zaman Now haruslah mencerminkan kepedulian terhadap diri sendiri dan juga lingkungan. "Anak muda zaman now adalah anak muda yang bersih," ungkapnya.

Selain itu, Wawako berharap GenBI mampu menjadi motor penggerak pemuda Riau untuk lebih peduli kepada lingkungan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id