Aktual, Independen dan Terpercaya


Bawaslu Ajak Media Kawal Pesta Demokrasi 2019 di Riau

Rakor-Bawaslu-Riau-dan-Media.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka menciptakan pesta demokrasi yang aman dan tertib, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tahapan Pengawasan Pileg dan Pilpres Tahun 2018 bersama Wartawan Sahabat Bawaslu yang selama ini bertugas di Pekanbaru, Riau.

Menurut Ketua Bawaslu, Rusidi Rusdan, acara yang bertema rapat koordinasi ini dikemas seperti sebuah pelatihan.
Acara ini sendiri akan berlangsung selama dua hari dan diisi dengan materi dari anggota Bawaslu terkait pengawasan pemilu ke depannya.

"Jadi kita anggap saja ini rapat koordinasi rasa pelatihan. Layaknya membeli salak rasa pisang, yang penting kan esensinya," ujarnya, Jumat, 22 Desember 2017.

Lebih lanjut, Rusidi menyebutkan alasan menggandeng media bukan tanpa alasan. Sebab sebelum adanya Bawaslu, pers sudah berjuang dalam pengawasan berjalannya proses pesta demokrasi ini.

"Dulu ada unsur dari pers, kepolisian, tokoh masyarakat, ada unsur dari jaksa, include semuanya dalam panwasli, itu dalam pencatatan sejarah bawaslu," jelasnya.

Selain itu, menurut Rusidi, wartawan merupakan kelompok yang memiliki idealisme dalam menegakan kebenaran, sedangkan Bawaslu merupakan menegakan keadilan.

"Jadi, dalam penegakan kebenaran dan keadilan, itu harus seiring dan sejalan, itulah kenapa kita merasa perlu mengundang sahabat-sahabat sekalian," tuturnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni Jumat, 22 Desember 2017 dan Sabtu, 23 Desember 2017. Pada hari pertama, materi yang diberikan yakni Urgensi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Kebijakan Umum dan Program Strategis Pengawasan Pemilu di Provinsi Riau, dan Pengawasan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019.

Selain itu juga ada materi Prosedur Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pilguri 2018. Selanjutnya pada hari kedua, akan disampaikan mengenai Struktur Organisasi dalam Rangka Fasilitasi Pengawasan Pemilu tahun 2019 di Provinsi Riau..

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id