Tim Eagle Bekuk Lima Rampok Pedagang 3 Kg Emas di Pelalawan

Ilustrasi-Borgol.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Eagle Direktorat Reseerse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Riau berhasil menangkap lima pelaku perampokan terhadap pedagang emas di Desa Langgam, Kabupaten Pelalawan, 6 Desember 2017 lalu. Satu pelaku lagi masih diburu.

"Pengungkapan dilakukan setelah tim melakukan penyelidikan dan pengembangan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, AKBP Hadi Purwanto, Senin, 18 Desember 2017.

Rampok Bersenpi Beraksi, 3 Kg Emas Digasak, Korbannya Dibuang Di Simpang Maredan

Kelima pelaku adalah Benny, Basir, Oyon, Sapiden M alias Bidin dan M Aini alias Puntung. Sementara seorang pelaku lain, Edy alias Edy Padang, masih jadi Daftar Pencarian orang (DPO).

Hadi menjelaskan, kelima pelaku ditangkap di tempat dan waktu berbeda. Penangkapan pertama dilakukan pada Benny, Basir dan Oyon di Pekanbaru.

Dari pengembangan, polisi mengetahui keterlibatan pelaku lain yang sudah kabur ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Tim langsung bergerak ke Palembang dan menangkap Sapiden dan Ainin.

Dalam menjalankan aksinya, kata Hadi, pelaku mempunyai peran sebagai eksekutor. Mereka diduga merupakan pemain lama yang selalu beraksi antar provinsi.

Selain menangkap lima pelaku, tim juga mengamankan dua penadah emas curian, yakni M Amin (44), dan Jamilah (49). Mereka dibawa ke Polda Riau untuk pengembangan penyidikan.

Bersama para pelaku diamankan barang bukti berupa satu buah dompet berisi uang Rp2 juta diduga sisa hasil penjualan emas, baju yang diduga digunakan saat merampok, satu unit mobil Nissan, tiga pucuk senjata api, emas seberat 130 gram, dan satu unit sepeda motor.

Para pelaku melakukan perampokan terhadap Firdaus, M Nasir, dan Wati pada Rabu,6 Desember 2017 lalu. Pelaku yang menggunakan senjata api menghadang mobil korban dan meminta berhenti.

Setelah mobil korban berhenti, beberapa pelaku turun dan merampas 3 kilogram emas milik korban dan uang Rp160 juta. Korban lalu dibuang ke semak-semak di daerah Pelalawan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id