Aktual, Independen dan Terpercaya


Balai Bahasa Tawarkan UKBI ke Kampus Unilak

Kunjungan-Balai-Bahasa-Riau-ke-Unilak.jpg
(Humas Unilak)

Balai Bahasa Tawarkan UKBI ke Kampus Unilak

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Bahasa Riau menawarkan kerjasama untuk melakukan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada pihak Universitas Lancang Kuning (Unilak). Tawaran ini disampaikan dalam kunjungan silaturahmi mereka ke kampus Unilak hari Senin, 18 Desember 2017.

Tawaran ini pun mendapat sambutan positif dari wakil rektor I Unilak Dr Junaidi M Hum yang menerima rombongan ini secara langsung.

Wakil rektor I Unilak juga ditemani Kepala Balai Bahasa Unilak Kurniawan MPd dan beberapa dosen Unilak. Sementara itu dari Balai Bahasa Riau dipimpin Kasubag tata usaha Zihamussoilihin, Yeni Maulina dan lainnya.

Adapun tujuan adanya UKBI adalah dapat mengukur kemahiran seorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis. Sehingga dalam UKBI ini yang diuji adalah keterampilan seorang dalam memahami, mendengarkan, memahami bacaan, menulis dan berbicara.

"Untuk UKBI ini ada lima seksi yang akan diuji, dan hasil dari UKBI ini peserta akan mendapatkan berupa sertifikat kemahiran dengan hasil berupa yaitu Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Mariginal, dan Terbatas," jelas Kasubag tata usaha Zihamussoilihin.

Sementara itu Wakil Rektor I Unilak Dr Junaidi menyambut baik maksud dari Balai Bahasa Riau untuk melakukan UKBI. Terlebih lagi karena di Unilak sendiri, mata pelajaran bahasa Indonesia sudah menjadi mata kuliah dasar umum

"Saya berharap antara Unilak dan Balai bahasa dapat sama-sama bisa kerjasama. Jika kerjasama ini dituangkan dalam MoU, kami ingin dalam MoU nantinya Balai Bahasa Riau dapat memberikan kurus singkat tentang UKBI untuk dosen-dosen di Unilak," harapnya.

Hal ini berguna bagi Unilak, agar materi yang diujikan dalam UKBI nantinya dapat diberikan di dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Artinya, ketika mahasiswa yang ingin ikut UKBI, maka mereka sudah dapat mendapatkan pemahaman dasar-dasar awal untuk UKBI. (rls)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id