Aktual, Independen dan Terpercaya


Harris Kantongi Rekomendasi, eh Andi Rachman-Suyatno Diusung PDIP Maju Pilgubri 2018

Andi-Rachman-Suyatno.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Akhirnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memutuskan dan mengumumkan mendukung politisi Partai Golkar, yang juga Gubernur Riau petahana, Arsyadjuliandi Rachman, untuk maju sebagai Calon Gubernur Riau akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah Riau 2018 mendatang. 

Politisi berlambang pohon beringin itu akan berpasangan dengan Wakil Ketua DPD PDIP Riau yang juga Bupati Rokan Hilir, Suyatno. Megawati mengumumkan duet pasanganh tersebut Minggu, 17 Desember 2017, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta. 

"Mulai dari Riau. Jadi tadi sudah orangnya sudah ada. Jadi dia ini petahana, saya berfikir oh dia bagus. Namanya Ir Arsyadjuliandi Rachman," kata Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: 

DPP PDIP Dukung HM Harris-Yopi Maju Berpasangan Di Pilgubri 2018

Sering Gelar Pertemuan Dengan Andi Rachman, Suyatno: 90 Persen Kami Berpasangan

Dengan demikian, Andi Rachman, sapaan Arsyadjuliandi Rachman, menyingkirkan Bupati Pelalawan, Muhammad Harris dalam perburuan perahu partai berlambangkan banteng moncong putih tersebut. 

Padahal, Bupati Harris sudah mengantongi Surat Rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan dengan Nomor: 3357/IN/DPP/X/2017, tertanggal 12 Oktober 2017, ditujukan kepada DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau.

Dalam surat rekomendasi ditandatangani Ketua DPP PDIP, Bambang DH dan Sekjen Hasto Kristiyanto, menyatakan, sesuai dengan Rapat DPP PDI Perjuangan, 6 Oktober 2017, memutuskan merekomendasikan HM Harris dijadikan Calon Gubernur daan Yopi Arianto dijadikan Calon Wakil Gubernur Riau Periode 2018-2023 diajukan dari PDI Perjuangan.

Alasan PDIP mendukung Andi Rachman, tutur Mega, karena gubernur yang dekat dengan Luhut Binsar Panjaitan, Menko Maritim tersebut, gubernur berprestasi dan pernah meraih penghargaan kaltaparu. Andi Rahman juga disebut memilih perhatian dalam penataan kampung.

Sementara itu, untuk calon wagub, PDIP mengusung Suyatno mendampingi Rahman. Suyatno saat ini merupakan Bupati Rokan Hilir. "Wakilnya Haji Suyatno. Dia adalah Bupati Rohil, kader PDIP, sosoknya ramah," ujarnya.

Kata Mega, Suyatno meraih juara umum dalam kategori budaya tahun 2017. "Juara umum dalam kategori budaya bakar tongkang," ujarnya.

Klik Juga: 

Golkar Dukung Andi Rachman, Syamsuar: Masyarakat Tak Bodoh, Mereka Pilih Figur, Bukan Partai

Andi Rachman Klaim Pakai Perahu Golkar Di Pilgubri 2018, Tapi...

Dalam Surat Rekomendasi DPP PDIP tersebut, dimuat juga DPP menginstruksikan DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau untuk mendaftarkan HM Harris dan Yopi Arianto sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dari PDIP ke KPU Riau. 

"DPP PDIP menginstruksikan kepada seluruh jajaran partai, DPD, bersama-sama dengan seluruh kader, aktivis, dan anggota PDIP di Riau untuk mengamankan, menjalankan dan memperjuangkan terpilihnya HM Harris dan Yopi sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Riau.

Tak hanya itu, DPP juga mengancam bagi kader yang mbalelo melawan perintah partai akan diberikan sanksi organisasi. "Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam Surat Rekomendasi ini, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya," tulisnya. 

Sebelumnya, kader PDI Perjuangan yang kini menjabat sebagai Bupati Rokan Hilir, Suyatno, telah menyatakan dirinya akan berpasangan dengan Gubernur Riau petahana, Arsyadjuliandi Rachman. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id