Aktual, Independen dan Terpercaya


Awali Kunjungan Santai. BRG Sambangi AJI Pekanbaru

BRG-Sambangi-Aji-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Restorasi Gambut (BRG) mengawali kunjungan santai mereka dengan menyambangi sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru Kamis 14 Desember 2017 pagi.

Kunjungan ke Sekretariat AJI Pekanbaru dilakukan, sebelum lebih jauh mengunjungi lembaga ataupun instasi pemerintahan yang ada di Riau.

Deputi Edukasi, Sosialisasi, Patisipasi dan Kemitraan dari BRG, Myrna A. Safitri menuturkan bahwa, Kegiatan ini mereka lakukan demi mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi yang masih banyak belum dipahami oleh instansi dan lembaga pemerintahan yang ada di Riau.

"Ke depannya kami akan bangun mindset, karena saya yakin masih banyak sekali yang masih belum paham apa itu BRG, fungsi dan tugas-tugas pokok kami. Tahun depan kami akan banyak melakukan hal-hal seperti ini," katanya di Sekretariat AJI yang berada di Jalan Semangka, Pekanbaru.

Untuk kunjungan awalnya, direncanakan akan mendatangi langsung Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) Provinsi Riau yang didalamnya terdapat seluruh aspek seperti TNI, Polri serta Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

"Karena begini, BRG ini bekerja seperti sedang menancapkan patok pertama. Nah, ini tidak bisa kita saja, maintanance nya dilakukan oleh Pemerintah Daerah," tandasnya.

BRG merancang dan mengembangkan pemanfaaatan gambut yang berkelanjutan, memfasilitasi pemulihan gambut yang terdegradasi, menggalang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan restorasi gambut, sampai dengan memfasilitasi aksi riset untuk mendukung pengelolaan ekosistem gambut.

"Jadi untuk Riau sediri di tahun 2017 ini telah menyiapkan 40 sekat kanal dan 311sumur bor. kita bukan hanya membahas sumur bor atau sekat kanal saja. Tapi lebih dari itu," imbuhnya.

Sementara itu, ketua AJI Pekanbaru, Firman Agus mendukung penuh upaya dari BRG ini untuk melakukan kunjungan santai mereka demi memberikan pemahaman tentang kehadiran mereka di Provinsi Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id