Ganjal ATM Dengan Tusuk Gigi, Pria Ini Raup Ratusan Juta

Ganjal-ATM.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dicky Wahyudi alias AM (60) ditangkap tim Opsnal Ponsel Sukajadi, Pekanbaru. Pria ini membobol ratusan juta uang nasabah bank dengan cara mengganjal mesin ATM pakai lidi tusuk gigi.

Warga Padang Palak, Desa Ladang Panjang, Kacamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat ini diciduk polisi,  Sabtu, 2 Desember 2017, sekitar pukul 03.00 WIB. "Pencurian dengan modus Pengganjal mesin ATM," ujar Wakil Kapolresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi.

Dicky memang menjadi buruan kepolisian setelah melakukan aksi di ATM Mandiri Rumah Sakit Eria Bunda, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Sukajadi, Selasa malam, 10 Oktober 2017 lalu. Saat itu, ia berpura-pura membantu nasabah bank yang hendak mengirim uang melalui mesin ATM.

Korbannya adalah Syamsul Bahri (53). Warga  Jalan S Parman Gang Sempana, Kecamatan Sail ini mengalami kesulitan karena kartunya tidak bisa masuk ke mesin ATM. Tiba-tiba tersangka datang menawari bantuan.

Tersangka menyuruh korban menekan nomor  pin kartu ATM dan nominal uang yang akan ditransfer. Setelah itu, keluar kertas laporan dari mesin ATM tapi kosong.

"Karena kertas laporan itu kosong, korban bertanya kepada tersangka. Namun, tersangka meminta korban kembali menekan nomor pin dan uang yang akan ditransfer. Setelah itu, tersangka pergi," jelas Edy.

Selanjutnya, korban mencoba ATM Bank Mandiri di UIN SUSKA namun tidak bisa juga mentranfer. Tidak lama kemudian handphone korban masuk SMS banking dan uang yang ada di dalam rekening korban sudah berkurang.

Atas kejadian itu, korban melapor ke Polsek Sukajadi untuk dilakukan penyelidikan. Hampir dua bulan, pelaku diketahui berada di Hotel Cititel, Jalan Sisingamangaraja. "Di sana, dia kita tangkap," tambah Edy.

Bersama tersangka diamankan barang bukti berupa uang tunai Rp1.000.000,  33  Kartu ATM, 1 buah tusuk gigi, 1  helai baju kaos warna hitam merek hurley, 1 buah gergaji besi, dan 1  lembar amplas.

Hasil interogasi diketahui kalau tersangka sudah beberapa kali melakukan pencurian dengan modus ganjal mesin ATM. Ada 11 mesin ATM yang jadi sasaran tersangka.

ATM itu adalah, ATM Bank Mandiri di Rumah Sakit Eria Bunda jalan KH  A Dahlan, Kecamatan,  Sukajadi. Kerugian materil Rp80.000.000. Di ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Durian  Rp2.000.000,-

Di ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Durian, Kecamatan  Sukajadi Rp6.000.000, ATM Bank Mandiri SPBU Rumbai Jalan Sekolah Rp3.000.000, dan ATM Bank Mandiri SPBU Rumbai Jalan Sekolah Rp5.000.000.

Di ATM Bank Mandiri SPBU Rumbai Jalan Sekolah Rp1.000.000, ATM Bank Mandiri Arena Pool Jalan kuantan Raya, Kecamatan Limapuluh Rp15.000.000, dan
 ATM Bank Mandiri Arena Pool Jalan Kuantan Raya, Kecamatan Limapuluh Rp7.000.000,-

Di ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Hangtuah Ujung Rp3.000.000, ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Imam Munandar/Harapan Raya Rp. 51.000.000, dan ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Arifin Ahmad Rp5.000.000.

"Selama aksinya, tersangka sudah meraup uang nasabah ratusan juta rupiah. Kasus ini masih dikembangkan oleh penyidik Polsek Sukajadi," pungkas Edy.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id