Dahlan Prediksi Perekonomian Riau Membaik di 2018

Outlook-Perekonomian-Riau-2018.jpg
(Fatma Kumala)
ombudsman

Laporan: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Bank Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) bekerjasama dengan harian Bisnis Indonesia kembali menggelar kegiatan Enterpreneur Networking Forum. Kegiatan ini merupakan ke tiga kali yang diadakan di Pekanbaru.

Mengusung tema Outlook Perekonomian 2018: Mengoptimakan Potensi Daerah dalam Era Digital, kegiatan ini menghadirkan dua pembicara, yakni Dosen Ekonomi Universitas Riau Dahlan Tampubolon dan Head Of Small Medium Enterprise Business BPTN, Sonny Christian Joseph.

Dalam kesempatan itu, Dahlan memprediksi perekonomian Riau akan lebih baik di tahun 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan membaiknya perekonomian nasional. Ditambah lagi, lembaga outlook makroekonomi juga memprediksi bahwa perekonomian Indonesia meningkat tahun depan.

Upturn penguatan ekonomi global dan harga komoditas dunia turut mendorong optimisme penguatan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2018.

Membaiknya perekonomian Riau juga turut diikuti oleh peningkatan harga komoditas yang menjadi unggulan. Seperti minyak, CPO, dan karet. Peningkatan harga komoditas ini akan mendorong perbaikan pada daya beli masyarakat.

"Faktor lain pendukung pertumbuhan outlook dari sektor perbankan yang positif di tahun depan. Tren penurunan suku bunga domestik diharapkan memperkuat kinerja perbankan sehingga dapat solid mendukung pertumbuhan sektor riil, seperti usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM)," jelas Dahlan.

Lebih lanjut menurut Dahlan, peningkatan pasar e-comerce juga menjadi peluang bisnis di dunia. Memang, Indonesia masih kecil dalam perdagangan e-comerce.

Dikesempatan yang sama, Sonny Christian selaku Head Of Small Medium Enterprise Business BPTN mengatakan sebagai bank yang memiliki visi mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia, pihaknya meyakini inovasi adalah kunci pertumbuhan.

"Inivasi yang kita hadirkan berupa BPTN Mitra Bisnis. Ini merupakan unit usaha yang dirancang khusus untuk melayani berbagai kebutuhan dari pelaku UKM melalui solusi keuangan yang dapat diandalkan, pengembangan kapasitas usaha, dan pembukaan akses ke pasar yang lebih luas," paparnya.

Selain itu, menurut Sonny BPTN Mitra Bisnis juga hadir dengan dukungan solusi nonkeuangan untuk membantu nasabah membangun kapasitasnya dalam menjalankan usaha yang termasuk dalam Program Daya, dimana program ini merupakan program pemberdayaan berkelanjutan dan terukur dari BPTN.

Melalui kegiatan ini, Sonny berharap BPTN Mitra Bisnis dapat menjadi mitra pelaku UKM untuk perkembangan usaha dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Forum-forum seperti ini dapat memberikan inspirasi kepada nasabah kami untuk terus berinovasi agar tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi saat ini," ungkapnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id