Jangan Mudah Tergiur! ini Tips Menghindari Kosmetik Palsu

Kosmetik-ilegal-BPOM-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pekanbaru, Mohamad Kashuri membagikan tips bagi konsumen yang ingin membeli kosmetik secara online, agar terhindar dari produk-produk palsu atau ilegal.

Yang pertama dan utama, unduh terlebih dahulu aplikasi BBPOM dari Playstore pada gawai berbasis android ataupun app store di smartphone bermerk Apple.

Polres Siak Sita 3 Truk Kosmetik Ilegal Senilai Rp1,2 Miliar

 Hobi Belanja Via Online? Waspada, BPOM Pekanbaru Temukan Kosmetik Ilegal Di Lapak Online

"Disana bisa langsung memasukkan nama produk dan akan langsung muncul tanggal registrasi ataupun nama pendaftaran," katanya di kantornya, Senin, 20 November 2017.

Tips selanjutnya adalah, jangan mudah tergiur dari iklan-iklan yang beredar dengan menjanjikan hasil atau efek yang cepat yang disertai bukti (testimoni). Alangkah baiknya jika dibandingkan efeknya dengan produk sejenis yang terdaftar di BBPOM.

"Jangan mudah tergiur iklan yang bombastis. Belilah kosmetik di tempat-tempat resmi. Ini yang selalu akan kita sebutkan. Seperti misalnya swalayan, biasanya mereka selalu menawarkan harga yang selalu lebih miring," imbuhnya kecewa.

Jika tidak memperhatikan baik-baik, maka siap-siap saja mendapatkan produk palsu yang dapat menyebabkan penyakit di tubuh kita. Seperti iritasi, wajah lebam, dipaka terasa seperti terbakar hingga dapat menimbulkan penyakit kanker.

"Seperti krim pemutih wajah. Biasanya mereka menggunakan mercury yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kita, lebam sampai kanker. Kemudian pewarna yang dilarang. Ini banyak pada lipstik. Efek samping sama ujung-ujungnya terkena kanker. Itu beberapa hal yang harus di waspadai," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id