Tak Bawa KTP, Tim Yustisi Gelar Sidang di Tempat Bagi Warga tak Bawa Identitas

Razia-KTP-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/NANDA FADILLA SARI)
ombudsman

Laporan: NANDA FADILLAH SARI 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, kembali menggelar razia Kartu Tanda Penduduk (KTP) di depan Kantor Camat Marpoyan Damai, Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Rabu, 25 Oktober 2017.

Ini merupakan lanjutan kemarin, Selasa, 24 Oktober 2017, dengan menggelar razia serupa di depan Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman. Hasilnya, 36 warga yang melintas tak membawa KTP.

Dalam razia ini, bagi tidak membawa KTP akan dikenakan sanksi berupa denda Rp 50 Ribu setiap orangnya. Terkait denda, diatur dalam Perda No 7 tahun 2016 Pasal 67 ayat 1.

Baca Juga: 

Terjaring Razia KTP, Sopir Ini Cari Dana Talangan Dan Tinggalkan Angkot

Warga Negara Singapura Punya KTP Kota Pekanbaru, Kok Bisa?

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota (Kadisdukcapil) Pekanbaru, Baharudin mengatakan, razia ini bertujuan mengimbau masyarakat untuk sadar dan tahu terhadap pentingnya memiliki KTP serta segera mengurusnya dengan merekam terlebih dahulu data diri mereka. 

Razia KTP oleh Tim Yustisi Pemko Pekanbaru

"Karena dengan merekam semua sudah bisa terdeteksi, apalagi akan diadakannya Pilkada 2018 mendatang. Setidaknya masyarakat merekam dulu, itu penting," tuturnya. 

Ia menjelaskan, bagi masyarakat razia ini dilakukan selain mengedukasikan juga mengajak dan mensosialisasikan pentingnya KTP tersebut.

"Bagi warga ingin merekam dipersilakan datang langsung ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disdukcapil yang ada di setiap kecamatan dan boleh merekam dimanapun," tutur Kadisdukcapil ini. 

Sidang di Tempat Warga tak Bawa KTP

Razia digelar Tim Yustisi ini tidak hanya melibatkan Disdukcapil, tetapi aparat Polisi, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), beserta Perangkat Pemerintah Kota Pekanbaru.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, tampak warga ramai terjaring razia karena tidak membawa dan memiliki KTP serta diperiksa petugas bertugas. Razia ini berlangsung hingga pukul 11.00 WIB, dimulai pukul 09.45 WIB.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id