Ribuan Buruh RAPP Masih Bertahan di Seputaran Kantor Gubri

Gubri-temui-massa-aksi.jpg
(Azhar Saputra)

Laporan: NANDA/HARDIYAN

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demo ribuan karyawan dan buruh PT PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) masih berlangsung hingga Senin, 23 Oktober 2017 siang. Massa juga terlihat masih bersemangat meneriakkan yel-yel serta lagu kebangsaan, seperti lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Di tengah panas yang terik tak menyurutkan semangat massa aksi sambil menunggu surat pernyataan secara tertulis dari Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Baca Juga!

Beredar Surat Larangan Demo Dari Dirut RAPP

Temui Massa Aksi Demo RAPP, Ini Janji Gubernur Riau

Sebelumnya, orang nomor satu di Riau ini telah menemui massa dan menerima aspirasinya. Gubri juga berjanji akan menyampaikan aspirasi ini ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Massa diberikan waktu setengah jam untuk menunggu surat pernyataan yang dibuat oleh pihak pemerintahan tersebut.

Hingga pukul 15.00 WIB, ruas jalan Jendral Sudirman masih dipadati oleh para aksi tepatnya ditugu zapin depan kantor Gubernur Riau. Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, aksi berjalan kondusif dan relatif aman, meskipun diikuti ribuan massa. Sempat ada desakan untuk masuk ke kantor Gubernur Riau. Namun semua masih bisa dihalau oleh petugas keamanan gabungan.

Sementara itu, di tengah-tengah unjuk rasa juga dibagikan makanan seperti roti bungkus dan air mineral untuk para pengunjuk rasa. Informasi yang dihimpun, pada aksi kali ini juga sudah disiapkan nasi bungkus untuk makan siang pengunjuk rasa. Dengan begitu, ribuan massa bisa diminimalisir dari kelaparan yang bisa memicu aksi anarkis.

Ketua Umum DPD K-SPSI Riau Nursal Tanjung menjelaskan, dalam aksi kali ini akan ada tiga tempat. Pertama di Kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman, lalu gedung DPRD Riau dan kantor Dinas LHK Jalan Thamrin.

Perkiraan massa yang akan berorasi hampir mencapai 10.000 orang. Terdiri dari para buruh baik yang sudah dirumahkan maupun karyawan yang berada diambang pemecatan.

Jumlah personil pengaman yang dikerahkan berdasar hasil rapat bersama Polda Riau sekitar 2027 personil gabungan akan mengamankan jalannya aksi. Jumlah anggota personil kepolisian tersebut terdiri atas 1707 TNI-Polri, 100 orang Satpol PP Provinsi Riau, 160 orang personil Dishub.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id