Wow, Ternyata Perempuan Pekanbaru Lebih Banyak Gugat Cerai Suaminya

Suami-Istri.jpg
(INTERNET)
ombudsman

Laporan: HASBULLAH TANJUNG 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perceraian warga Pekanbaru dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tahun 2017 ini saja, hingga bulan September sudah tercatat 1.462 kasus perceraian yang ditangani oleh Pengadilan Agama (PA) Kelas IA Pekanbaru. 

Uniknya, dari jumlah tersebut, 1.462 gugatan cerai, 983 di antaranya digugat oleh perempuan, bukan ditalak oleh sang suami. Tak hanya itu, dari angka itu, mayoritas digugat oleh istri berstatus Ibu Rumah Tangga (IRT), bukan wanita karir atau bekerja. 

"Pihak perempuan menggugat cerai, kebanyakan dari mereka berstatus Ibu Rumah Tangga," kata Panitera Muda Hukum PA Pekanbaru, Fakhriadi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 19 Oktober 2017, di ruang kerjanya. 

Baca Juga: 

Wah, Pertengkaran Terus-Menerus Jadi Penyebab Dominan Perceraian Di Pekanbaru

Di Sini, Ribuan Anak Di Bawah Umur Sudah Janda Dan Duda

Menariknya lagi, 983 gugatan cerai dilayangkan istri, jumlahnya 300 persen dibandingkan talak cerai yang dilakukan suami kepada istri. Jumlahnya mencapai 348 perkara. 

Contohnya saja, di bulan Juli 2017, perceraian banyak terjadi tahun ini, yang masuk 224 perkara. Hanya 51 perkara talak suami ke istri. Sedangkan perceraian terbanyak kedua, terjadi pada Agustus, ada 204 kasus. Gugatan cerai istri kepada suaminya mencapai 134.

"Penyebab perceraian itu bermacam-macam, namun mayoritas disebabkan perselisihan terus-menerus dilatarbelakangi faktor ekonomi," jelasnya. 

Menurut Fakhriadi, kemungkinan besar kasus perceraian di Pekanbaru tahun ini meningkat dibandingkan 2016 silam. Ia mengungkapkan, hingga Oktober 2017 saja, sudah masuk 1.462 kasus perceraian di PA Pekanbaru. Padahal tahun lalu, terdapat 1.700-an angka perkara perceraian yang masuk.

"Untuk itu, perlu adanya penyuluhan hukum di tengah-tengah masyarakat. Sebab tahun ini tidak ada program tersebut yang diakomodir Pemda, berbeda dua tahun lalu," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id