Aktual, Independen dan Terpercaya


Seluruh Pejabat Pemkab Pelalawan Diambil Sampel Darahnya, Ternyata ini Tujuannya!

Ilustrasi-sampel-darah.jpg
(internet)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka menyaring penyakit tidak menular di kalangan pejabat di Kabupaten Pelalawan, dinas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengambilan sampel darah.

Semua pejabat, baik dari kalangan eselon II dan II mengikuti cek kesehatan yang dilakukan jelang coffee morning pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Senin, 25 September 2017.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan mulai dari pemeriksaan tensi hingga pengambilan sampel darah. Seluruh pejabat yang hadir, tanpa kecuali, mengikuti seluruh prosedur ini. Mulai dari Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan MM, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdaka) Tengku Mukhlis beserta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Ini dalam rangka mencoba menyaring penyakit tidak menular di kalangan pejabat eselon II dan III. Seperti hipertensi, kolestrol, gula darah, dan asam urat," ungkap Kepala Diskes Pelalawan, dr Endid Romo Pratiknyo yang dikutip dari tribunpekanbaru.com.

Pengecekan kesehatan tersebut merupakan program pos pembinaan kesehatan terpadu untuk instansi pemerintah. Setiap pejabat diambil sampel darahnya untuk dilakukan pemeriksaan.

Dr Endid menerangkan program pengecekan kesehatan ini akan dilakukan rutin satu kali dalam empat bulan atau tiga kali dalam setahun.

Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan itu akan didapat gambaran penyakit apa yang menjadi resiko terbesar mengancam kesehatan para pejabat. Diantaranya hipertensi dapat dilihat dari alat pengukur tensi. Sedangkan dari darah yang disedot, akan diketahui seberapa tinggi resiko kolestrol, gula darah, dan asam urat.

"Jika diketahui tinggi dari keempatnya, langsung kita kasih obat. Serta konsultasi bagaimana langkah selanjutnya untuk mengantisipasi itu," ungkat dr Endid.

Selajutnya, pihaknya akan memaparkan hasil pemeriksaan secara keseluruhan pada coffee morning pekan depan.
Agar pejabat bersangkutan mengetahui resiko penyakit yang ada dalam tubuhnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id