Aktual, Independen dan Terpercaya


BMKG : Riau Masuki Musim Hujan

Badan-Metereologi-Klimatologi-dan-Geofisika.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Riau memasuki musim hujan September 2017 ini.

"Provinsi Riau secara umum mulai masuk musim hujan awal September. Berangsur mulai dari Utara hingga Selatan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Senin, 25 September 2017.

Berdasarkan data BMKG Pekanbaru, musim hujan mulai terjadi di wilayah Utara, tepatnya seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis dan Meranti. Kemudian, musim hujan akan meluas hingga ke wilayah Selatan Provinsi Riau pada Oktober mendatang. 

Sementara itu, ia menuturkan puncak musim hujan di wilayah Provinsi Riau diprediksi akan terjadi pada November mendatang, hingga awal Januari 2018.

Baca juga: 

70 Titik Panas Tersebar Di Sumatera, BMKG: Riau 11 Titik Panas

Begini Saran BMKG Kalau Gempa Bumi Terjadi

Untuk itu, ia mengatakan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau diperkirakan akan semakin kecil. Meski begitu, ia meminta bahwa Karhutla tetap diwaspadai, minimal selama beberapa bulan mendatang. 

Kantor BMKG Riau

 KANTOR Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiumn Riau.

Ia mengatakan Karhutla di Provinsi Riau terjadi lebih diakibatkan faktor manusia. "Jadi menurut pengamatan saya, meskipun musim hujan Karhutla tetap bisa saja terjadi," ujarnya.

Namun, ia mengatakan kesigapan Satuan Tugas Karhutla Riau dinilai terbukti efektif untuk mengatasi Karhutla, yang telah diperankan dengan baik sejak 2016 lalu.

Lebih jauh, Slamet turut mengimbau kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengantisipasi bencana banjir, terutama saat puncak musim hujan. Ia mengatakan bencana banjir yang perlu diwaspadai yakni wilayah Riau yang berbatasan dengan Sumatera Barat.

Saat ini Provinsi Riau masih dalam status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Status yang diputuskan sejak awal 2017 ini akan berakhir pada November mendatang.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id