Aktual, Independen dan Terpercaya


TNI-AU Paksa Turun Pesawat Intai Australia, 2 Pilot Diinterogasi

Latihan-Pertahanan-udara-Tutuka.jpg
(Azhar Saputra)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tanpa perlawanan yang berarti, akhirnya satu unit pesawat intai sipil milik negara Australia berhasil diturunkan paksa di Pangkalan TNI-AU (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn).

Force down (penurunan paksa) ini langsung dilakukan oleh skadrown udara 16 Lanud Rsn yang melibatkan enam pesawat tempur F-16 mereka.

Baca juga: Jika Wilayah Udara Dimasuki Penyusup, Ini Yang Dilakukan Lanud Rsn

"Pesawat intai tersebut terindentifikasi berada di wilayah barat kita dan kemudian berhasil kita sergap di daerah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau," kata Komandan Skadrown Udara 16, Letkol Penerbang Nur Alimi di halaman skadrownnya, Selasa, 19 September 2017.

Tambahnya, pesawat intai ini diindikasi telah mengambil data di wilayah pesisir barat pulau Sumatera. Atau lebih tepatnya berada di wilayah utara timur dari Provinsi Palembang.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, setelah berhasil diturunkan paksa, kedua pilot pesawat intai tersebut langsung digiring untuk dilanjutkan dengan introgasi diiringindengan investigasi. Ada tujuan apa memata-matai wilayah kedaulatan Indonesia.

"Setelah berhasil kita turunkan, mereka kita introgasi ada apa di wilayah kita. Kita kumpulkan keterangan sesuai penyidikan hukum udara sehingga itu semua akhirnya diputuskan sesuai pengadilan yang berlaku," imbuhnya.

Penurunan paksa ini merupakan rangkain simulasi latihan gabungan yang sudah berlangsung pada 18-20 September 2017 yang diberi nama sandi Tutuka dengan melibatkan ratusan personil TNI-AU, AD dan AL.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id