Aktual, Independen dan Terpercaya


Seperti Inilah Budaya Melayu Muliakan dan Hormati Kapolda Riau yang Baru

Kapolda-Riau-Brigjen-Pol-Nandang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Inilah adat resam Budaya Melayu, memuliakan tamu dan pemimpin seperti dialami oleh Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau yang baru, Brigjen Pol Nandang, saat memulai tugasnya memimpin ribuan polisi di bumi Lancang Kuning. 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 8 September 2017, setelah menginjakkan kaki di lokasi pisah sambut dari Kapolda lama, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara ke pejabat baru, Brigjen Pol Nandang, di Sekolah Polisi Negara (SPN), kapolda yang baru langsung disambut menggunakan Pedang Pora dilanjutkan prosesi adat Melayu Riau.

Kemudian dilakukan tepung tawar bersanding dengan istri, didampingi Irjen Pol Zulkarnain dilakukan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Baca Juga: 

Irjen Pol Zulkarnain Wariskan PR Ini Karhutla Untuk Kapolda Riau Riau Yang Baru

Kapolda Riau Diganti! Brigjen Pol Nandang Geser Irjen Pol Zulkarnain

"Proses tepung tawar ini memiliki makna harapan perlindungan dan keselamatan dalam bertugas. Kami atas nama LAM Riau menyambut kehadiran dengan hati lapang dan wajah bersih," kata Dewan Pimpinan Harian LAM Riau, Sahril Abubakar, di lapangan SPN Polda Riau.

Nandang ditaburi beberapa bahan-bahan dari alam, seperti beras putih, kuning, bunga rampai, tepung beras. "Ini semua memiliki makna dan arti sebagai sebuah kebahagiaan," tutur Ketua PMI Riau tersebut. 

Pisah Sambut Kapolda Riau

Syahril mengatakan, sebagai masyarakat Melayu Riau, mereka senantiasa mendampingi Nandang dalam memimpin Polda Riau dan mengucapkan terima kasih atas kiprah ditorehkan Irjen Pol Zulkarnain, kini Kapolda Sumatera Selatan. 

Usai disambut dengan adat Melayu Riau, acara dilanjutkan dengan upacara resmi di lapangan SPN Polda Riau.

"Kami masyarakat Riau akan mendamping baik tunjuk ajar maupun mitra dalam hal tugas Polri. Juga segala permasalahan yang ada. Kepada Irjen Zulkarnain, terima kasih telah membuat Riau semakin tinggi dengan pantunnya. Harapannya, pantun ini dapat terus dilakukan ditempat yang baru," ujarnya. 

Klik Juga: 

Kapolda Riau: Pembakar Lahan Jangan Hanya Digugat Secara Pidana Saja, Tapi...

Briptu Taufik Ditangkap TNI AD Dengan Sabu 1,5 Kg, Kapolda Riau: Pecat Dan Vonis Mati Saja

Sebelum bertugas di Polda Riau, Brigjen Pol Nandang, merupakan Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar). Ia merupakan seangkatan dengan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Akpol 1985. 

Nandang juga pernah menjabat Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Indragiri Hilir (Inhil), tahun 1995 silam. Usai itu, ia dipromosikan sebagai Wakapolre Dumai, sebelum akhirnya kembali ke Riau puluhan tahun kemudian. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline