Anak Cerdas di Riau Peraih Medali Emas Olimpiade Kimia Ini Tak Pernah Ikut Bimbel

Dean-Fanggohans-dan-Ibunya.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siapa bilang mengikuti bimbingan belajar (bimbel) adalah satu-satunya cara metingkatkan prestasi belajar di sekolah?

Dean Fanggohans buktinya. Peraih medali emas Olimpiade International Chemistry Olympiade (IChO) ke-49 di Thailand, satu diantara anak berprestasi yang tak tertarik dengan keberadaan bimbel di kotanya, Pekanbaru.

"Tidak, tidak pernah Dean ikut-ikut bimbel seperti itu," kata Ibu Dean, Sumanti, Senin, 17 Juli 2017, di SMAN 8 Pekanbaru.

Baca Juga: Siswa SMAN 8 Ini Raih Medali Emas Olimpiade Kimia Dunia

 

Menurutnya, Dean merupakan yang disiplin dalam melahap habis ilmu disajikan di sekolahnya. Sehingga untuk pekerjaan diluar jadwal pendidikan sekolahnya, Dean tak memiliki keinginan melakukannya. Termasuk untuk hal-hal tak berguna, seperti pacaran.

"Yang jelas, Dean itu pandai mengatur waktu, antara belajar dan mainnya. Saya tak berani atur-atur dia. Dean sudah besar," kata ibunya, Sumanti, sambil melihat anaknya.

Ia mengatakan, perilaku Dean dengan anak-anak yang lainnya terbilang sama. Tidak ada istimewa, termasuk juga bermain bersama teman-temannya.

Semenjak duduk di bangku sekolah dasar, kepintaran remaja berkaca mata itu sudah mulai terlihat hingga di SMP pada 2013. Ia meraih medali emas dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO), 2-11 Desember 2014, di Mendoza Argentina.

Kemudian prestasi mentereng itu dilanjutkannya hingga duduk di bangku SLTA. Dean semakin menunjukkan bakat dan kepintarannya. Seperti, raihan medali emas di OSN, Palembang, hingga olimpiade International Chemistry Olympiade (IChO) ke-49 di Thailand.

Pada kesempatan sama, Dean mengimbau kepada pelajar di Riau, dengan latihan rutin tanpa terputus, prestasi akan mudah diraih.

"Intinya itu belajar rutin jangan sampai terputus. Rutin, rutin dan rutin. Pelajari lagi bahan-bahan lainnya. Kalau bosan, kita main saja," ujarnya mantap.

Klik Juga: Terbukti Lakukan Pungli, Kadisdik Pekanbaru Copot Kepala SDN 189, Da

Sebelumnya, kedatangan Dean ke sekolahnya, SMAN 8 Pekanbaru, disambut dengan kalungan rangkaian bunga yang dikalungkan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Andi Rachman, sapaan akrab Gubernur Riau, mengenakan seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) berwarna coklat muda.

Begitu tiba di lokasi, Dean langsung menerima rangkaian kalungan bunga. "Mudah-mudahan Dean dapat dijadikan motivasi oleh teman-temannya. Begitu juga dengan kelas di bawahnya, X dan XI. Dean bisa menularkan prestasinya," kata Andi Rachman, di halaman SMAN 8 Pekanbaru. 

Ia berharap banyak kepada siswa untuk mampu memajukan Provinsi Riau dengan prestasi. Seperti telah dilakukan Dean. "Apa lagi dengan Visi Riau 2020, fokus pada ekonomi dan kebudayaan Melayu. Kita berharap banyak kepada siswa-siswa sekalian untuk dapat mensukseskan visi ini kedepannya," katanya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline