Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

Hari Ini, Tempo-RiauOnline Gelar Workshop Investigasi di Grand Tjokro

Investigasi-Tempo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tempo Institute, sebuah lembaga bagian dari Tempo Grup, fokus pada kegiatan pengembangan kualitas jurnalistik secara luas, bekerjasama dengan media siber RIAUONLINE.CO.ID, menyelenggarakan Roadshow Publikasi Program, Diskusi Investigasi dan Program Kolaborasi Investigasi, Sabtu, 17 Juni 2017, di Grand Tjokro, mulai pukul 15.00 WIB diakhiri berbuka bersama. 

Penanggung jawab Program, Felix Lamuri, mengatakan, program ini merupakan edisi kedua sesudah pertama kali digulirkan tahun 2016 dengan fokus pada dua hal utama.

"Pertama, proses pengayaan kapasitas peserta terpilih dan mentoring liputan investigasi dengan target penerbitan hasil liputan. Kedua, memperkuat dampak liputan investigasi para fellows. Baik berupa perubahan kebijakan maupun penambahan aturan demi kepentingan publik secara luas," kata Felix, Sabtu, 17 Juni 2017. 

Baca Juga: 'Malapraktik’ Jurnalistik, Ancaman Nyata Kebebasan Pers

Untuk pematerinya, tutur Felix, Tempo mengirim redaktur khusus yang menangani investigasi di Majalan Tempo, Mustafa (Moses) Silalahi, dan Pemimpin Redaksi RIAUONLINE.CO.IDB, Fakhrurrodzi. 

Felix menjelaskan, peserta ini terbuka untuk umum, mulai dari jurnalis daerah diundang khusus, aktivis NGO lokal, mahasiswa dan umum. "Kita punya kuota peserta hingga 75 peserta dan kita berharap mengenalkan apa, mengapa dan bagaimana jurnalisme investigasi, secara khusus kepada jurnalis daerah dan kepada publik investigasi," tuturnya. 

Program Jurnalistik investigasi tahun kedua ini mengangkat tema, Memajukan Liputan Investigasi untuk Indonesia yang Lebih Baik, dengan Sub-Tema skandal korupsi dalam pelayanan publik, persoalan lingkungan hidup, pelanggaran HAM terkait perdagangan manusia dan kasus kriminal terkait kepentingan publik. 

Mustafa Silalahi mengatakan, ia akan memberikan materi tentang Program Investigative Funds dan mengenal Jurnalisme Investigasi. "Kita akan kupas tuntas seperti liputan investigasi tersebut," jelasnya. 

Sementara itu, Pemred RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrurrodzi mengatakan, suatu kebanggaan bagi Riau, Tempo memilih bumi Lancang Kuning pada programnya tahun 2017 ini. 

Klik Juga: Fajar Jurnalisme Digital, Tanggapan Inilah Senjakala Kami

"Siapa yang meragukan Tempo dengan produk jurnalistik investigasinya. Kebanggaan bagi kita, Tempo memilih Riau dengan segalat persoalan yang pelik pantas dilakukan investigasi," tuturnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline