Aktual, Independen dan Terpercaya


70 Titik Panas Tersebar di Sumatera, BMKG: Riau 11 Titik Panas

Karhutla-di-Mempura-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Satelit Tera dan Aqua mendeteksi 70 titik panas tersebar di beberapa wilayah di Sumatera. Sementara titik panas terbanyak berada di Aceh dengan 39 titik.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru Otto Sukisno menyebutkan Provinsi Riau terpantau 11 titik panas dengan sebaran di Pelalawan lima titik, Kuantan Singingi (Kuansing) dua titik, dan Siak, Meranti, Indragiri Hilir, Bengkalis, dengan masing-masing satu titik panas.

"Kuansing satu titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen," kata Kusno.

Selain itu, titik panas juga tersebar di Sumatera Utara dengan 12 titik, Sumatera Barat 4 titik, Sumatera Selatan 3 titik dan Jambi satu titik.

Baca Juga: Titik Panas Nihil, Tapi Jarak Pandang Pekanbaru 800 Meter

Sementara, Kusno menjelaskan pada umumnya cuaca di wilayah Riau adalah cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan bersifat lokal di sebagian wilayah di Riau.

"Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang bersifat lokal terjadi di Rokan Hulu, Rokan Hilir, Meranti, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, pada malam atau dini hari," ujarnya.

Sedangkan prakiraan tinggi gelombang berlaku mulai pada Jumat, 09 Juni 2017 pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB, kata Kusno, terjadi di Rohil, Dumai, Bengkalis, Inhil, dan Meranti dengan masing-masing 0.25 - 0.5 M.

Silakan ikuti berita kebakaran hutan dan lahan dengan klik di sini

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline