Sangat Mendesak, Plh Kalapas Sialang Bungkuk: Percepat Pengadaan Pompa Air

Lapas-Kelas-IIB-Sialang-Bungkuk.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pelaksana harian (Plh) Kalapas Kelas IIB Sialang Bungkuk, Azhar menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau terkait minimnya persediaan air bersih di rutan yang kini dipimpinnya.

Namun bantuan pengadaan empat unit pompa air yang pernah dijanjikan oleh Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), menurutnya terlalu lama, terlebih lagi kondisinya telah mendesak.

"Apapun bentuk bantuan Pemprov Riau untuk pengadaan sumur bor kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya. Oleh karena kebutuhan air sangat mendesak, kami harapkan pengadaannya bisa lebih dipercepat, tidak menunggu dana dari APBD-P," katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 17 Mei 2017.

Baca Juga: Pasca Tahanan Kabur, Air Masih Jadi Masalah di Rutan Sialang Bungkuk

Menurutnya, bantuan yang diberikan itu sebaiknya bisa digunakan oleh rutan dengan maksimal. Namun, akan tidak ada gunanya bila bantuan itu hanya sebagai simbol karena tidak bisa digunakan kembali.

Sebelumnya, Azhar penah mengatakan bahwa karena lokasi rutan yang cukup tinggi, pompa air biasa tidak akan bisa berguna untuk menarik air hingga keluar.

"Rutan ini lokasinya tinggi. Jadi kalau menggunakan sumur bor dengan hanya kedalaman 30 meter, saya jamin air tidak akan keluar," katanya di halaman rutan, Kamis, 11 Mei 2017.

Harapannya, Pemprov Riau dapat mengerti dengan keadaan rutan yang kini tengah menjadi wewenangnya. "Kalau bisa sumur dengan air sistem artesis yang kondisi pipanya lebih dalam dan dapat menjangkau sumber air ataupun mata air," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline