Aktual, Independen dan Terpercaya


Komnasham Segera Adukan Pelanggaran di Lapas Sialang Bungkuk ke Presiden

Komnasham1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) RI, Nurcholis menyampaikan akan segera mengirimkan temuan bukti pelanggaran yang telah dikumpulkannya di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sialang Bungkuk ke Presiden Joko Widodo.

Beberapa temuan itu di antaranya adalah tindakan arogansi yang dilakukan oleh Sipir Lapas, pungutan liar dan juga kekerasan yang dilakuan kepada warga binaan.

"Ya, Ada beberapa temuan yang kami dapati selain adanya tindak pidana umum dan korupsi," katanya di rutan Sialang Bungkuk, Rabu, 10 Mei 2017.

Baca Juga: Periksa 16 Orang Soal Pungli Rutan Pekanbaru, Polda Riau: Bakal Ada Tersangkanya

Laporan itu nantinya diharapkan mendapatkan rekomendasi yang dikeluarkan langsung oleh Presiden Jokowi dan hasilnya akan disampaikan langsung.

"Kenyataanya 1870 orang yang telah mendekam di sini. Jauh berlipat-lipat kali dari batas wajarnya. Jelas sudah banyak kekurangan yang dihadapi dari mulai kebutuhan air minuman, makan, tempat tidur. Semuanya menjadi perseoalan," imbuhnya.

Atas temuan ini, pihaknya akan menindak lanjutinya. "Dan kami akan berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM, BNN, BNPT, Kapolri dan Kejaksaan Agung," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline