Aktual, Independen dan Terpercaya


Mendunia, Media Asing Ini Keliru Beritakan Ice Rajo King Kobra

Daily-Mail-Keliru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA/DAILY MAIL)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabar sang penakluk ular king kobra, Ice Habibie ternyata telah sampai ke mancanegara. Media sekelas Daily Mail turut memberitakan pria asal Desa Mentulik, Sungai Pagar, Kampar Kiri, Kabupaten Kampar itu.

Namun terdapat kekeliruan pada pemberitaan Ice Habibie penakluk king kobra, yang dimuat media besutan Britania Raya itu.

Artikel yang terbit pada 3 April 2017 dengan judul "Meet the Snake Charmer Who Lovingly Pets Giant King Cobras" ditulis oleh Sadie Whitelocks untuk media online, MailOnline yang masih rekanan dari Daily Mail itu menempatkan gambar dari Ice yang dicium oleh satu ekor ular king kobra dengan beberapa gambar lainnya.‎

Baca Juga: Penasaran, Komunitas Ular Ini Kunjungi Ice, Rajo King Cobra

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, ketika membaca Artikel tersebut lebih lanjut, memang ditemukan beberapa keliruan.

"Roni Kurniawan, from the Indonesian province of Riau, is an experienced snake handler and catcher (Roni Kurniawan, dari Provinsi Riau Indonesia, merupakan pawang dan penangkap ular berpengalaman)," begitu ditulis Daily Mail, 4 April 2017.

Padahal yang sebenarnya, sang pawang yang dimaksud oleh Daily Mail adalah Ice Habibie, bukan Roni Kurniawan. Selanjutnya, jika terus membaca artikel tersebut lebih jauh lagi, media ini kembali membuat kesalahan dengan mengatakan bahwa salah satu ular yang dipegangnya bernama Ice.

Klik Juga: Ihhh Ngeri... Warga Mentulik, Ini Main Dengan 2 Ekor King Kobra Panjang 3 Meter

"According to one local Indonesian paper, one of Roni’s new 13-foot-long snakes, named Ice, bit him after having its fangs taken out. Roni merely likened the sharp nip to an ‘insect bite’ (Menurut salah satu surat kabar lokal Indonesia, salah satu ular sepanjang 13 kaki Roni, bernama Ice, menggigitnya saat taringnya keluar. Roni hanya menyamakan taring tajam itu seperti 'gigitan serangga')," katanya.

Sementara itu dari hasil artikel yang salah penulisan nama ini telah meninggalkan 46 komentar dari belahan dunia lainnya yang beberapa di antaranya takjub dengan kehebatan Ice Habibie, bukan Roni Kurniawan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline