Aktual, Independen dan Terpercaya

Polda Riau Mulai Berinovasi, MenPAN-RB Usulkan Tunjangan Kinerja Riau Naik

MenPANRB-di-Polda-Riau1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah mengukuhkan dan menaikkan tipe Polda Riau dari B menjadi A pada November 2016, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Revormasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB), Asman Abnur menilai kenaikan tipe itu berdampak baik di tubuh jajaran Polda Riau.

Saat menyambangi Polresta Pekanbaru, Asman menyatakan puas dengan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh anak negeri. Kendati demikian, menurutnya, masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan seiring naiknya kelas Polda Riau.

"Hari ini saya datang dan melihat ada, apa tidak perubahan tipe B ke A. Ternyata ada, perubahan itu terjadi di Polresta Pekanbaru. Jadi tidak salah naik ke tipe A. Saya juga melihat inovasi khususnya di internal Polri. Tadi sudah saya saksikan mulai dari pelayanan publik yang ada di sini," katanya di Polresta Pekanbaru, Selasa, 21 Maret 2017.

"Perubahan itu datangnya bukan dari luar, tapi dari dalam diri ini. Kalau dari dalam Insyaallah menjadi kenyataan. Tingkatkan kemampuan individu maupun organisasi. Karena dunia sekarang tidak bisa konvensional. Tadi saya saksikan terobosan pelayanan publik. Inovasi ini akan terus berkembang secara otomatis," imbuhnya.

Baca Juga: MenPAN-RB Beberkan Kinerja ASN Riau, Kabupaten Meranti Terburuk

Kini, kata Asman, masyarakat telah bisa menaruh banyak harapan kepada Polri seiring lahirnya berbagai inovasi. Dari inovasi itu, masing-masing anggota bisa terus memotivasi anggota lainnya untuk terus melakukan perubahan.

Dengan prestasi dan harapan besar dari masyarakat itu, dirinya berencana akan menaikkan tunjangan kinerja (tukin) khusus bagi wilayah yang memiliki prestasi cemerlang termasuk Polda Riau yang juga menjadi prioritasnya.

"Sekarang ini ada tiga Polres yang menjadi wilayah bebas korupsi (WBK) dan ini sejarah pertama buat Indonesia. Tahun ini bagi Polres yang berhasil dengan ukuran kinerja bagus saya usulkan tukinnya agar dinaikkan. Mudah-mudahan akan disetujui oleh Menteri keuangan. Dengan ini kita harapkan Polri mempunyai motivasi baru karena dapat tunjangan kinerja. Termasuk Riau sedang kita usulkan," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline