Aktual, Independen dan Terpercaya


MenPAN-RB: Kedepannya, Cara Kerja ASN Tidak Boleh Kalah dengan Swasta

MenPANRB-Hadiri-Musrembang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Usai membeberkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah di lingkungan Provinsi Riau 2015-2016, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Revormasi Birokrasi Indonesia (PANRB), Asman Abnur kembali membongkar perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Riau.

Berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, Asman Abnur diminta untuk merubah perilaku setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang suka menyianyiakan waktu, sibuk dengan seremonial, tidak produktif dan birokrasi yang lambat.

"Untuk itu seluruh kementerian, bupati bekerja ekstra. Karena sebagai pimpinan tertinggi tanggung jawab ada di pimpinan daerah. Ini momentum kita untuk bisa berbuat sesuatu untuk negara kita," katanya saat menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) Riau tahun 2017, Selasa, 21 Maret 2017.

Menurutnya, setiap ASN wajib merubah pola pikir, cara pandang dari seorang PNS yang jauh berada pada era pemerintahan yang sebelumnya segera berpindah ke pemikiran di era serba terbuka di masa pemerintahan Joko Widodo saat ini.‎

Baca Juga: MenPAN-RB Beberkan Kinerja ASN Riau, Kabupaten Meranti Terburuk

"Revolusi mental itu wajib karena karena cara pikir, cara pandang, cara kerja ASN yang dulu harus berbeda dengan yang sekarang dengan merubah tata kelola dimulai dari perencanaan sampai dengan mengevaluasi dengan mengedepankan transparansi," tegasnya.

ASN, lanjutnya, harus bekerja dengan mengedepankan tepat sasaran. "Jadi apa yang mau dihasilkan ialah money follow program. Kira-kira kalau mau menghasilkan sesuatu anggarannya berapa, sementara pejabat yang tidak melakukan itu, kinerja akan ketahuan," imbuhnya.

"Kedepannya, cara kerja ASN ini tidak boleh kalah dengan swasta. Kita harus menjadi motor perubahan di negeri ini, percepatan pembangunan, pelayanan publik diperbaiki, tidak boleh ada pungli, ingat jabatan tidak lama. Nanti nyesal selama menjabat tidak berbuat apa-apa," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline