Aktual, Independen dan Terpercaya

Suku Sakai Demo, Bupati Siak: Perusahaan Beri Perhatian pada Masyarakat Kandis

Gubri-Temui-Suku-Sakai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Kabupaten Siak, Syamsuar menghargai aksi demonstrasi yang dilakukan Suku Sakai Kecamatan Kandis Kabupaten Siak di depan Kantor Gubernur Riau, bahkan hingga menutup jalan itu, Rabu, 15 Maret 2017.

Syamsuar mengatakan setiap warga berhak untuk menyalurkan aspirasi di negara demokrasi. Ia telah meminta laporan terkait tuntutan dan juga informasi mengenai warga yang ikut dalam aksi tersebut

"Saya menghargai adanya aksi, serta mengikuti perjalanan mereka, dan minta dilaporkan setiap saat perkembangannya," katanya.

Untuk itu, Bupati Siak menuntut mengenai desakan masyakarat, agar perusahaan memberikan perhatian pada masyarakat Kandis.

Baca Juga: Terlunta-Lunta, Suku Sakai: Pak Gubernur, Jumpai Kami Pak

Menurut Bupati Siak, sebenarnya sebelumnya Pemkab Siak dengan perusahaan telah memfasilitasi. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa program Corporate social responsibility (CSR), di antaranya budidaya kambing Etawa, budidaya ayam potong dan penggemukan sapi.

"Saat ini program tersebut masih berjalan dan akan terus kami kawal dengan prioritas mengutamakan kepentingan rakyat," ujarnya.

Pemkab Siak, tutur Syamsuar, telah memberikan bantuan dalam bentuk pembangunan rumah layak huni, bantuan pendidikan, raskin dan kesehatan, sebagai perhatian pemerintah kepada masyarakat Suku Sakai.

Di bidang pendidikan, Pemkab Siak juga telah memberikan bantuan beasiswa khusus bagi mahasiswa dari masyarakat Suku Sakai. "Ini sudah menjadi komitmen kami sejak awal dan masih berjalan hingga sekarang," kata dia.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline